Sukses

Ternyata, Inilah Mutiara Terbaik di Dunia yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Mutiara merupakan perhiasan yang unik, karena dihasilkan dari makhluk hidup. Karena itulah, mendapatkan mutiara menjadi hal yang spesial, karena tidak semua kerang di laut menghasilkan sebuah mutiara yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Tapi tahukah Anda dimana mutiara terbaik dunia dihasilkan?

Dalam seminar “Bisnis Mutiara & Biota Laut yang Berkelanjutan” yang diadakan dalam pameran Kilau Mutiara & Biota Laut Indonesia, terkuaklah sebuah fakta yang jarang diketahui oleh masyarakat. Sebenarya, berbagai mutiara laut terbaik di dunia dihasilkan dari perairan Indonesia.

“Indonesia memiliki South Sea Pearl terbaik dan termahsyur di dunia, tapi banyak orang yang tidak mengetahuinya” ungkap Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia, Rabu (15/3/2017).

Namun pada kenyataannya, banyak mutiara laut Indonesia yang jarang dikenal oleh masyarakat luar negeri, karena produk mutiara di Indonesia langsung dijual sebagai bahan baku industri mutiara, bukan sebagai produk yang siap jual di kancah mancanegara.

“Setelah mengikuti berbagai pameran di luar negeri, saya sadar ketika sudah dikirim ke luar, mutiara Indonesia tidak dikenal lagi, karena sudah di rebranding menjadi nama pengrajin di luar negeri.” ujar Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia.

Berbagai produk mutiara terbaik dunia yang berasal dari Indonesia, biasanya dihasilkan oleh spesies kerang Pinctada Maxima. Kerang ini dapat ditemukan di sepanjang perairan Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Papua.

“Karena sudah terlalu kaya, kita sering lupa dan masih menganggap mutiara itu masih banyak. Padahal ketika tidak dijaga, akan habis semuanya.” Ungkap Veda Santiaji, Deputy Director Coral Triangle Program WWF Indonesia.

Salah satu indikator kualitas mutiara yang terbaik adalah perairan yang bersih dan terawat. Agar mutiara terbaik di dunia ini tetap terjaga dengan baik, langkah yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan laut dari limbah, sampah, ataupun penggunaan bom ikan yang dapat merusak laut.

Artikel Selanjutnya
Ternyata, Ini 19 Hal dari Anda yang Buat Orang Lain Jatuh Cinta
Artikel Selanjutnya
4 Keintiman Ini Harus Diketahui Ketika Jalin Hubungan Asmara