Sukses

Cara Ini Akan Buat Mutiara Anda Terawat dan Makin Bersinar

Ternyata ada cara-cara khusus untuk merawat mutiara agar makin bersinar dan indah setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Mutiara merupakan perhiasan yang unik, karena memiliki keindahan yang berbeda dengan perhiasan logam lainnya. Untuk menjaga mutiara agar tetap bersinar, beberapa cara ini bisa Anda terapkan di rumah. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Nuniek Anurningsinh, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia.

Bersihkan mutiara dengan kain lembut
Ternyata, menjaga mutiara agar tetap bersinar tidak sesulit bayangan orang banyak. Cukup rajin dibersihkan dengan kain yang lembut, mutiara akan tampak bersinar lebih lama. Untuk mempertahankan kilau warna, akan lebih baik mutiara setahun sekali dibersihkan dengan kain khusus yang dibeli dari toko spesialis.

Hindari zat asam dan zat yang mudah menguap
“Mutiara itu rentan dengan zat asam, baik itu dari keringat, parfum atau hairspray yang digunakan saat dandan. Sebisa mungkin berbagai zat ini harus dihindarkan karena bersifat korosif pada mutiara” ujar Ibu Nuniek di Alun-alun Indonesia, Rabu (15/3/2017).

Pertahankan kelembapan di sekitar mutiara
Karena dihasilkan dari laut, mutiara harus didekatkan dengan kelembapan alaminya. Untuk itu selalu pastikan tempat penyimpanan mutiara tetap lembap dengan memberikan segelas air dalam lemari penyimpanan. Jangan sampai mutiara diletakkan di tempat kering karena akan merusak lapisan kulitnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini