Sukses

4 Trik Pintar untuk Siasati Uang Hadiah Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Pesta telah usai, saatnya menghitung uang hadiah pernikahan dari para tamu. Sebelum tergiur untuk membelanjakannya secara membabi buta, lebih baik cari cara alternatif yang lebih pintar untuk siasati uang tersebut.

Seperti berinvestasi dengan membeli rumah, hingga mempersiapkan kebutuhan finansial untuk anak kelak. Sebenarnya semua bisa tercapai melalui strategi investasi yang cerdas. Berikut 4 trik pintar untuk menyiasati uang angpao pernikahan Anda:

Membayar hutang dengan bunga paling tinggi

Memiliki hutang dengan bunga tinggi? Jika iya, segera selesaikan masalah tersebut dengan uang hadiah pernikahan terlebih dulu sebelum melakukan hal lain. Biasanya hutang dengan bunga tinggi datang dari tagihan kartu kredit, tapi coba lihat juga cicilan-cicilan lain, seperti KTA atau KPR rumah, lalu bandingan tingkat bunganya. Selanjutnya, taruh persentase uang hadiah pernikahan paling banyak untuk membayar hutang dengan bunga paling tinggi.

Belanjakan sedikit, tapi ingat hanya sedikit

Apabila Anda sudah sangat gatal ingin membelanjakan sebagian uang hadiah pernikahan, maka persilahkan diri untuk melakukannya. Tapi pastikan untuk menentukan batasan terlebih dulu. Ini akan membuat Anda merasa “win-win solution”, bisa berbelanja sambil tetap berinvestasi untuk masa depan.

Persiapkan uang pensiun

Meski masih terlihat sangat jauh, tapi apa salahnya memulai dari sekarang. Semakin cepat Anda mempersiapkan tabungan hari tua, maka semakin tenang dan nyaman pula kehidupan masa tua Anda nanti.

Sediakan pos untuk biaya darurat

Menyisipkan sedikit uang untuk kondisi darurat merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Mengapa? Dengan adanya “tabungan darurat” Anda akan bisa tidur nyenyak setiap malam dan menghindari terjadinya hutang yang tak terduga.

Hal-hal sepele seperti wastafel yang rusak, atau mobil yang mogok bisa menjadi pengeluaran yang besar jika kita memang tidak memiliki pos keuangan untuk hal tersebut. Oleh karena itu, biasakan untuk menyimpan sedikit pengeluaran bulanan sebagai pos untuk pengeluaran darurat dalam pernikahan Anda.

Bridestory.com

Artikel Selanjutnya
Cara Ajarkan Anak Mengenal Uang
Artikel Selanjutnya
Tragis, Kado Uang Tunai dari Kekasih Hancur Tak Berbentuk