Sukses

Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Lakukan 6 Trik Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta Melakukan diet bukanlah hal yang mudah. Berbagai cara sering dilakukan banyak orang untuk mendapatkan berat badan ideal, meski pada akhirnya gagal. Mungkin Anda berpikir bahwa tujuan utama diet adalah memulai hidup sehat. Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melakukan kebiasaan diet yang sempurna.

Melansir dari laman Bright Side, Jumat (17/3/2017) ada enam trik yang jarang disarankan oleh orang-orang, namun bisa Anda coba di rumah. Penasaran?

1. Selalu pilih porsi makan kecil saat makan di luar

Ketika sedang makan di luar, coba luangkan waktu Anda untuk membaca menu. Bahkan bila Anda berada di restoran yang menjual makanan kurang sehat, pilihlah porsi makan kecil. Misalnya mini burger, junior popcorn, personal pizza, atau salad. Menurut studi, orang yang tidak memesan makanannya sendiri, cenderung makan segala sesuatu menu yang ada di atas meja, meskipun sudah kenyang.

1 dari 3 halaman

2. Jadilah lebih optimis dan berpikir positif

Tetaplah fokus hanya pada pikiran yang baik dan tujuan yang positif, seperti membaca sebuah mantra. Misalnya "saya berhasil menurunkan setengah dari berat badan saya!" atau "perlahan tapi pasti!", "Saya bisa makan dalam porsi kecil.", "Saya bisa berkata 'tidak' untuk makan dessert!". Semua kata-kata positif tersebut akan membantu Anda mencapai tujuan untuk menurunkan berat badan.

3. Makan sendiri lebih baik daripada makan ramai-ramai

Ketika Anda mulai membuat suatu perbuahan dalam diet, biasanya Anda ingin teman-teman dan keluarga ikut memberikan dukungan. Namun, secara ilmiah terbukti bahwa orang yang makan dalam berkelompok atau bersama-sama cenderung makan lebih banyak.

Hal ini terjadi karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu di meja makan. Selain itu, banyak mengobrol dan tertawa tidak dapat mengontrol berapa banyak makanan yang Anda ambil. Namun, bukan berarti Anda harus makan sendirian setiap saat, tapi cobalah untuk membawa apa yang akan Anda makan di atas meja sesuai dengan porsi perorangan.

2 dari 3 halaman

4. Jika Anda lapar, cium aroma pisang

Mungkin hal ini terdengar sedikit gila, tapi ini justru terbukti ampuh untuk Anda yang sedang diet. Mencium aroma makanan yang berbau seperti apel, mint atau pisang dapat membantu menstimulasi otak bahwa sudah makan.

Sebuah studi yang melibatkan 3 ribu relawan yang mencium aroma makanan ketika lapar, selera makan mereka menurun dan hasilnya dapat dilihat setelah menimbang berat badan. Menakjubkan, bukan?

5. Biru adalah warna favorit

Sebuah studi menunjukkan bahwa warna biru dapat menurunkan nafsu makan. Jadi, cobalah beberapa perubahan pada dekorasi meja makan Anda. Seperti mengganti warna taplak meja, serbet, piring dan gelas menjadi biru. Hal ini bisa juga disebut psikologi warna. Banyak warna yang dapat meningkatkan nafsu makan, tapi tidak dengan warna biru.

6. Makanlah di depan cermin

Anda mungkin akan mengatakan itu adalah hal yang konyol. Tapi, fakta-fakta ilmiah meyakinkan bahwa makan sambil menatap diri sendiri di cermin akan mengurangi sepertiga jumlah makanan yang dimakan.

Artikel Selanjutnya
3 Cara Ampuh Atasi Masalah Perut Buncit
Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Hindari Efek Buruk dari Diet Yoyo