Sukses

5 Cara Mencegah Kulit Kering dan Bersisik

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering dan bersisik dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, karena dapat mempengaruhi penampilan Anda. Ketika suhu meningkat, kulit cenderung menjadi kering dan bersisik bahkan terkelupas. Ada banyak faktor yang dapat membuat kulit jadi kering dan bersisik. Salah satunya adalah cuaca yang dingin. 

Nah, jika Anda memiliki masalah kulit kering dan bersisik, dilansir dari Boldsky, Jumat (16/6/2017) berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk menyingkirkan masalah tersebut dengan mudah.

 

 

 

1. Hindari mandi dengan air panas

Anda harus menghindari mandi menggunakan air panas karena hal ini dapat meningkatkan masalah dan mempengaruhi kulit. Sebaiknya gunakan air hangat atau dingin untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

2. Periksa kualitas sabun

Tidak hanya air panas yang dapat mempengaruhi kulit Anda, kualitas bahan sabun juga mempengaruhi sebagian besar masalah kulit kering dan bersisik. Jadi, rajinlah mengecek kandungan sabun yang Anda pakai sehari-hari untuk mencegah kulit dari kondisi kering dan mudah terkelupas.

3. Lembapkan dengan losion

Setelah mandi, rutinlah mengaplikasikan pelembap pada seluruh tubuh agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Jika diperlukan Anda juga bisa menggunakan losion anti-alergi serta memilih losion dengan bahan dasar buah-buahan.

4. Gunakan minyak esensial alami

Menggunakan minyak esensial alami pada wajah adalah cara terbaik untuk memanjakan kulit kering dan bersisik. Minyak esensial alami seperti minyak zaitun, lavender atau kelapa dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Ambil beberapa minyak esensial favorit Anda pada wajah sambil di pijat lembut. Biarkan semalaman dan bilas di keesokan harinya. 

5. Jangan sering mengenakan makeup

Makeup bisa menyebabkan iritasi pada kulit Anda jika terlalu sering dikenakan. Jika Anda pencinta makeup, mungkin Anda harus membatasi penggunaan makeup agar terhindar dari kulit kering dan terkelupas. Sebaiknya pilih riasan yang tidak terlalu berat untuk sehari-hari dan usahakan untuk tetap menjaga kelembapan kulit wajah Anda.

 

Ine Yulita Sari

Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah
Artikel Selanjutnya
3 Bahaya Konsumsi Gula terhadap Kulit Anda