Sukses

Hati-hati, Ini Bahayanya Bila Anda Kerap Makan Terlalu Malam

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki kebiasaan makan larut malam atau sekedar ngemil setelah menggosok gigi, hentikanlah segera.

Dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (16/03/2017), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal the American Heart Association's academic, kebiasaan makan pada malam hari ternyata memiliki efek yang merugikan bagi tubuh. Tubuh memiliki ritme sendiri, selain memiliki waktu untuk produktif, tubuh juga memiliki waktu beristirahat, sementara otak akan bertanggung jawab dalam mengatur jadwal organ Anda berfungsi.

Malam hari bukan merupakan waktu yang tepat bagi lambung untuk bekerja mengolah makanan. Sehingga bila hal ini dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan masalah kegemukan.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengakhiri makan malam? Beberapa peneliti mendefinisikan waktu makan malam yang efektif adalah minimal kurang dari dua jam sebelum tidur. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa mengakhiri makan malam pada pukul 18.00, akan memberikan manfaat kesehatan yang besar.

Penelitian lain juga dilakukan kepada beberapa wanita yang makan malam pada pukul 18.00 dan 23.00. Keesokan harinya, para wanita yang makan terlalu larut memiliki kontrol gula darah yang lebih buruk dan risiko diabetes dua kali lipat dibandingkan dengan yang mengakhiri makan pada pukul 18.00

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Dapatkan Berat Badan Ideal
Artikel Selanjutnya
Perut Buncit, Efek dari Kurang Tidur