Sukses

7 Cara Ampuh Redakan Nyeri Perut dan Keram Saat Haid

Liputan6.com, Jakarta Rasa nyeri dan keram pada saat haid terkadang sangat menyiksa. Rasa sakit pada bagian perut ini akan membuat aktivitas Anda akan terganggu. Dilansir dari Seventeen, Kamis (16/03/2017), berikut tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat haid.

1. Sedia obat 
Jika rasa nyeri sudah tidak bisa ditahan, Anda bisa menguranginya dengan Ibuprofen atau obat sejenis untuk menurunkan kadar prostaglandin. Prostaglandin nerupakan zat hormon yang memicu rasa keram pada rahim. Anda bisa menyediakan obat pereda ini pada awal periode datang bulan dan jangan lupa ikuti rekomendasi dosis dari dokter.

2. Kompres dengan air hangat
Pada saat haid, hampir mustahil bagi Anda untuk merasa nyaman. Cobalah meringkuk dengan botol berisi air panas yang ditempelkan pada bagian perut atau berendam dalam air panas. Panas akan meningkatkan aliran darah pada bagian rahim, dan melemaskan otot-otot yang menyebabkan rasa sakit.

3. Lakukan olahraga ringan
Anda tidak harus olahraga berat, cukup dengan berjalan kaki beberapa menit, maka akan melancarkan sirkulasi darah serta mengendurkan otot-otot Anda. Peregangan atau olahraga ringan akan memproduksi endorfin yang dapat mengubah cara kerja otak dalam memproses rasa sakit.

4. Yoga
Jika Anda merasa seperti ada tangan raksasa yang sedang meremas bagian dalam perut, maka yoga adalah salah satu cara yang bagus untuk meregangkan dan menenangkan otot-otot Anda.

5. Penuhi perut dengan makanan sehat
Jika Anda tergoda untuk makan sekantong keripik kentang atau junk food, sebaiknya pada saat haid dikurangi. Sebaliknya, cobalah menambah asupan makanan bergizi tinggi untuk meringankan rasa nyeri pada perut.

Omega 3, asam lemak, vitamin E dan magnesium merupakan nutrisi yang dapat mengurangi peradangan dan membantu meringankan keram.

Sebuah studi juga menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan keram karena haid.

Hindari makanan yang terlalu pedas atau berminyak, karena dapat mengakibatkan iritasi pada saluran usus yang akan menambah rasa nyeri dan keram.

6. Hindari dehidrasi
Mengkonsumsi air mineral secara ajaib akan menghilangkan rasa keram perut. Hindari minuman yang mengandung kafein karena dapat membuat rasa sakit lebih memburuk. Kandungan kafein akan mengkontradiksi pembuluh darah serta meningkatkan kadar ketegangan.

7. Konsultasi dengan dokter
Jika semua tips di atas belum cukup membantu, segera berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa membicarakan mengenai penyebabnya. Rasa keram mungkin hal biasa pada periode haid, tetapi jika rasa keram tersebut mengganggu aktivitas Anda tiap bulan, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter.

(Latifah Gusri)