Sukses

14 Makanan Ini Dapat Dimakan dalam Porsi Banyak Tanpa Takut Gemuk

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, kebanyakan orang cenderung untuk tidak makan dalam jumlah banyak. Apalagi jika makanan tersebut mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Namun, jika Anda termasuk orang yang suka makan tapi takut gemuk, ternyata ada beberapa pilihan makanan yang meski dimakan dalam jumlah banyak, tak akan membuat berat badan Anda naik.

Melansir dari lama Bright Side, Kamis (16/3/2017) ada 14 jenis makanan yang bisa Anda makan dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir berat badan naik. Tapi, Anda pun harus tetap memastikan bahwa diet yang dilakukan seimbang, ya.

1. Popcorn
Jika Anda memanggang popcorn tanpa menggunakan mentega dan gula, namun hanya dengan sedikit garam, Anda dapat memakannya tanpa rasa takut. Seporsi popcorn dalam mangkuk kecil hanya sekitar 31 kkal.

2. Seledri
Seledri mengandung 95 persen air. Efek diuretiknya dapat membantu Anda mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan berlebih.

1 dari 4 halaman

3. Terong

Porsi kecil dari terong panggang atau terong tepung tanpa minyak memiliki 24 kkal, sehingga Anda dapat menikmati sayuran gurih ini tanpa batas.

4. Jeruk dan Grapefruit
Sejumlah besar buah-buahan tidak dianjurkan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, kecuali buah jeruk. Jeruk kaya akan serat, flavonoid dan vitamin C yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

5. Melon dan Semangka
Anda dapat menikmati buah melon dan semangka dengan 60-70 kkal per potongnya. Buah-buahan ini dapat membantu mengeluarkan kelebihan cairan tubuh serta membuatnya lebih sehat.

6. Ganggang atau rumput laut
Jenis ganggang seperti laminaria adalah sumber yodium terbaik. Mereka akan membantu menjaga fungsi tiroid, hormon tetap normal dan mencegah kenaikan berat badan.

2 dari 4 halaman

7. Zucchini atau Timun Jepang

Seporsi zucchini atau timun Jepang hanya memiliki 42 kkal. Zucchini dapat membantu menormalkan rasio air asin, meningkatkan fungsi usus serta menurunkan energi yang diterima tubuh saat makan makanan utama.

8. Beetroot atau akan bit
Bit merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Mereka juga dapat membantu membakar lemak, mendorong otot, dan mengatur gula darah. Satu porsi bit rata-rata hanya 40 kkal.

9. Telur
Anda bisa menyantap telur setiap hari, bahkan pada malam hari tanpa harus takut gemuk. Tentu saja, telur rebus lebih baik dibanding telur yang digoreng dengan minyak.

10. Nanas
Buah yang lezat ini adalah teman terbaik bagi orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Bromelain yang terkandung dalam buah nanas sangat aktif menghilangkan lemak dan membantu metabolisme protein.

11. Apel dan plum
Satu buah apel hanya 50 kkal. Oleh karena itu, makan satu buah apel akan membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, buah plum kaya akan vitamin C dan kalium sehingga bagus untuk hati dan pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

12. Salad

Salad merupakan sumber asam folat bagi tubuh dan Anda dapat memakannya dengan jumlah yang banyak. Satu lembar daun selada hanya 3 kkal saja.

13. Kismis, Cranberry dan Stroberi
Kismis dan cranberry kaya akan vitamin C dan kandungan diuretik didalamnya dapat menyingkirkan kelebihan air. Sementara stroberi sangat bergizi dan dapat membantu pencernaan Anda.

14. Kubis, brokoli dan kembang kol
Tiga jenis sayuran ini adalah sekutu Anda yang dapat memerangi kelebihan berat badan. Untuk seporsi kubis potong dadu hanya 7 kkal. Namun, Anda tak perlu hanya makan kubis dan kembang kol saja setiap hari. Sebagai nutrisi, Anda dapat mengkonsumsinya hanya dalam beberapa kali seminggu.

Tips
Jika Anda ingin tetap langsing, hindari makan malam yang berlebihan serta dalam waktu yang tepat. Makan malam dapat dilakukan 3-4 jam sebelum tidur. Jadi, bila Anda akan tidur di jam 11 malam, maka Anda dapat tenang makan pada jam 7 malam.