Sukses

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota wanita. Oleh karena itu, semua wanita pasti menginginkan rambut yang sehat dan terawat. Bila Anda memiliki rambut yang tebal, Anda pasti jarang menyadari bagaimana cara merawat rambut dan melakukan apa saja untuk membuat rambut Anda terlihat indah.

Tak jarang para wanita kerap melakukan berbagai hal untuk merawat rambut agar tampak indah. Tapi, tak sedikit pula orang yang melakukan perawatan rambut secara berlebihan sehingga membuat rambut menjadi cepat rusak dan rontok. Kebiasaan itu harus Anda hindari mulai sekarang, jika tak ingin mendapatkan kondisi rambut yang rontok dan rusak.

Seperti yang dikutip dari magforwomen.com, Kamis (20/4/2017) Inilah beberapa kesalahan yang masih sering Anda lakukan dan cara-cara yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan rambut sehat dan indah. 

1. Mencatok Rambut Setiap Hari

Mencatok rambut tidak perlu dilakukan setiap hari. Apabila Anda mencatok rambut dengan suhu tinggi setiap hari akan membuat rambut menjadi cepat rusak dan melemahkannya. Selain itu, akan membuat rambut cepat kering, rapuh dan rontok serta kehilangan kelembapannya. Jika Anda tetap ingin mencatok rambut, lakukan hanya jika ingin pergi ke acara tertentu dan hindari mencatok rambut dengan suhu tinggi.

2. Menggunakan sampo yang sama

Anda mungkin berpikir bahwa menggunakan sampo yang sama secara terus menerus adalah pilihan yang tepat. Padahal Anda perlu mengubah sampo tergantung pada bagaimana kondisi rambut Anda. Jika Anda menggunakan sampo untuk mengobati ketombe, Anda perlu berhenti menggunakannya setelah berhasil menyingkirkan ketombe. Sama halnya dengan sampo jenis lain, jangan gunakan sampo anti ketombe untuk rambut Anda yang rontok. 

3. Menggunakan produk terlalu banyak pada saat yang sama

Ada wanita yang menggunakan sampo, kondisioner, mencatok dan serum semua pada hari yang sama. Menggunakan terlalu banyak produk pada rambut yang mengandung bahan kimia dapat merusak rambut Anda. Ini jelas sebuah kesalahan yang harus dihindari jika ingin mempertahankan rambut sehat Anda. Lalu, jangan gunakan pengering rambut terlalu sering, cukup biarkan rambut mengering secara alami. 

4. Mengikat rambut terlalu kencang

Hindari mengikat rambut telalu kencang, karena hanya akan membuat rambut dan akar menjadi stres. Tidak hanya akan mengalami kerontokan tetapi juga akan merasakan sakit kepala akibat ikatan itu. Ikatlah rambut Anda dengan tidak mengikatnya terlalu kencang, seperti dengan meregangkan ikatan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

5. Mewarnai rambut terlalu sering

Hindari mengganti warna rambut terlalu sering, karena hal ini akan membuat kondisi rambut menjadi kering, mudah rapuh dan rontok. Jika Anda tetap ingin mewarnai rambut, pastikan Anda melakukannya sesekali dan hanya ketika hal ini diperlukan. Sering mengubah warna rambut juga akan mengakibatkan rambut terkena banyak bahan kimia, sehingga merusak struktur rambut.

Ine Yulita Sari

Artikel Selanjutnya
Mau Langgeng? Jangan Pernah Ucapkan 6 Hal Ini pada Pasangan
Artikel Selanjutnya
Jangan Menyesal, Ini 20 Keuntungan Masih Single Saat Ini