Sukses

Tips Merancang Rumah Impian dengan Hemat Tanpa Terlihat Murah

Ingin memiliki rumah impian dengan anggaran hemat tanpa terlihat murah? Simak tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah adalah impian setiap orang. Rumah yang sudah dibeli tentunya harus diisi. Hal ini tentunya perlu perencanaan matang. Tidak bisa sembarangan isi, harus ada tahap perancangan agar rumah terlihat menarik.

Rumah impian bisa dirancang dengan hemat namun tidak terlihat murahan. tidak percaya? Simak tips dari DuitPintar.com di bawah ini.

1. Membuat konsep
Tahap pertama adalah membuat konsep rumah. Tentukan tema yang aman, yang pasti bukan kastil atau ala keraton kalau ingin anggarannya tidak membengkak.

Tema minimalis atau industrialis bisa jadi pilihan. Dengan konsep minimalis, nantinya tidak terlalu banyak barang dengan aneka rupa variannya yang dijejalkan ke rumah.
Dengan industrialis, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Begitu juga barang bikinan sendiri.

Lewat penentuan konsep, Anda membatasi diri untuk membeli barang yang sesuai. Bukan membeli segala hal yang nyatanya melenceng dari konsep. Misalnya mau minimalis, tapi malah beli jam berdiri klasik dari kayu jati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih perabot berdasarkan fungsi

2. Pilih perabot berdasarkan fungsi
Betul, perabot dengan desain unik bisa membuat ruangan tambah menarik. Namun apa gunanya barang unik kalau justru bikin pengeluaran melilit.

Sebaiknya beli perabot berdasarkan fungsinya saja. Desain yang unik anggap saja bonus. Toh, perabot dengan desain biasa masih bisa berfungsi normal.
Lebih baik cari perabot yang bisa berfungsi ganda. Misalnya, kasur dengan tempat penyimpanan atau laci.

3. Beli online dan membuatnya sendiri
Sudah jamak diketahui, yang sifatnya online itu lebih efektif dan efisien. Termasuk beli barang-barang perabot rumah.

Biasanya, perabot di toko online lebih murah. Apalagi jika sedang ada program diskon seperti Hari Belanja Online Nasional atau ada kerja sama dengan kartu kredit tertentu.

Selain itu, kita bisa pilih-pilih perabot bekas yang kondisinya masih baik. Alternatif beli online adalah membuat sendiri misalnya lemari.  Namun cara ini tidak disarankan jika kita tidak punya keterampilan. Bisa-bisa malah gagal, rugi waktu, tenaga, dan biaya. Kalau mau, buat yang sederhana saja, seperti pernak-pernik, aksesori, dan pajangan rumah.

3 dari 3 halaman

Cat satu warna

4. Cat satu warna
Daripada buat beli cat dengan warna macam-macam, lebih baik anggaran dialokasikan untuk hal lain. Memang, warna cat yang berbeda antara ruang tamu, kamar, dan ruang lainnya bisa terlihat menarik. Namun satu warna saja sebenarnya cukup. Terlebih jika memperhitungkan anggaran. 

5. Perabot terdepan
Ruang tamu adalah bagian yang paling sering masuk penilaian orang terhadap suatu rumah. Jika ruangan ini tampak kusut dengan perabot murah, maka kita gagal memikat tamu.

Karena itu, usahakan menaruh perabot terkeren dan termahal di ruangan ini. Misalnya, lebih memprioritaskan sofa empuk dengan kualitas premium daripada lemari pakaian di kamar.

6.Pajang rak buku
Pernak-pernik memang bisa bikin ruangan terlihat menarik. Tapi kalau kebanyakan, malah kesannya semrawut. Ditambah lagi membuang-buang anggaran.

Coba pajang saja rak buku lengkap dengan bukunya. Furnitur ini menambah nilai estetika ruangan. Selain itu, timbul kesan bahwa sang pemilik rumah peduli akan pengetahuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.