Sukses

Alasan Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit yang Bermanfaat

Liputan6.com, Jakarta Kapan saat yang tepat untuk mengajukan kartu kredit? Jelas, ketika sudah mampu bertanggung jawab atas keuangan sendiri. Sebagai alat pembayaran, kartu yang satu ini punya banyak manfaat dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari potongan harga untuk belanja dan makan di restoran, sampai pembayaran tagihan bulanan pun menjadi makin mudah. Asalkan, Anda tahu betul kapan dan bagaimana menggunakannya.

Setelah bekal ilmu soal kartu kredit sudah di tangan, barulah pilih dan ajukan kartu kredit yang paling tepat. Berikut beberapa alasan tepat untuk memiliki kartu kredit, seperti dikutip dari DuitPintar.com.

1. Bunga kartu kredit turun jadi 2,25 persen
Menurut Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/33/DKSP perihal Perubahan Keempat atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, bunga kartu kredit harus turun jadi 2,25 persen dari 2,95 persen.

Surat edaran itu mewajibkan penurunan bunga kartu kredit maksimal 6 bulan setelah surat terbit. Surat itu terbit pada Desember 2016. Artinya, maksimal Juni 2017, semua bank sudah harus menurunkan bunga kartu kredit masing-masing.

2. Pengajuan kartu kredit makin mudah
Sekarang, tidak harus pergi ke bank untuk ajukan kartu kredit. Sudah bermunculan situs komparasi produk finansial yang membantu pengajuan kartu kredit sampai diterbitkan bank.

Tinggal sediakan berkas-berkas yang diperlukan, kirim via online, dan tunggu kabar baik. Selalu pastikan situs komparasi tersebut aman dan terpercaya. Pilih yang komprehensif, di mana kita bisa membandingkan banyak manfaat kartu kredit sebelum menjatuhkan pilihan. 

3. Bank sedang menggenjot target nasabah kartu kredit
Tiap tahun, bank selalu punya target menaikkan pengguna kartu kreditnya.  Artinya, aplikasi kartu kredit kita lebih berpeluang diterima. Yang penting, seluruh syarat kita penuhi. Pasti bank akan dengan senang hati memberikan kartu sakti itu untuk kita manfaatkan.

4. Manfaat makin banyak
Beruntunglah roda ekonomi Indonesia berjalan lancar. Selalu ada saja merchant yang baru berdiri dan bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Walhasil, nasabah yang mendapat keuntungan karena makin banyak pilihan promo di merchant. Dari diskon, cashback, reward, cicilan 0 persen, sampai buy 1 get 1, semuanya ada. Manfaat kartu kredit ini sangat berguna untuk pengaturan keuangan supaya tidak boros. Tapi harus ditekan nafsu asal gesek kartu hanya karena tergiur iming-iming promo, ya.

5. Belanja online 
Terkait dengan poin ke-4, situs belanja online pun kian menjamur. Transaksi online di situs-situs tersebut jadi lebih praktis lewat kartu kredit.

Apalagi sering ada kerja sama e-commerce dengan kartu kredit tertentu. Kerja sama ini menghasilkan promo diskon, cicilan 0 persen, dan lain-lain yang bermanfaat buat pemegang kartu kredit.

Di era teknologi saat ini, fungsi kartu kredit makin penting. Transaksi belanja jadi lebih praktis jika menggunakan kartu kredit.

Artikel Selanjutnya
5 Keuntungan Memakai Kartu Kredit yang Wajib Anda Tahu
Artikel Selanjutnya
Utang Kartu Kredit Menumpuk, Coba Lunasi dengan KTA