Sukses

Bukan Komunikasi, Ini yang Bisa Buat Pernikahan Bertahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Semua pasangan yang telah memasuki hubungan pernikahan pasti menginginkan hal yang sama, yaitu bahagia, berhubungan baik, cinta, dan komunikasi. Jika memang hanya itu yang diinginkan, lantas mengapa masih banyak pasangan menikah yang akhirnya bercerai?

Seperti dilansir dari yourtango.com, Kamis (16/3/2017), ternyata kesalahan umum yang dilakukan oleh pasangan menikah adalah mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, untuk membuat hubungan pernikahan tersebut bertahan seumur hidup. Faktanya, jika pernikahan Anda tidak bahagia, mungkin alasannya hanya dua hal.

Pertama, Anda tidak ingin menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya terjadi, atau membuat masalah tersebut berkelanjutan. Kedua, Anda tidak tahu apa masalah sebenarnya, sehingga masalah menjadi berlarut-larut.

Bukan lagi masalah komunikasi, penyebab utama dari perceraian adalah kurangnya koneksi. Ketika pasangan menikah merasa mulai kehilangan koneksi satu sama lain, mereka memperjuangkan komunikasi, di mana konflik biasanya justru meningkat, keintiman memudar, dan pasangan ini justru memilih untuk berpisah.

Anda mungkin mencintai pasangan, namun rasanya tidak sama lagi seperti sebelumnya, karena secara tiba-tiba Anda kehilangan cara untuk mengkomunikasikan rasa cinta tersebut. Berbicara adalah satu hal yang sangat mudah dilakukan, namun mengubah perilaku agar hubungan baik kembali terbentuk adalah sesuatu yang membutuhkan perjuangan. Dengan berhubungan baik tersebut, masalah apapun akan menemukan jalan keluarnya.

Jadi, apa yang bisa dilakukan ketika Anda dan pasangan telah kehilangan koneksi, namun komunikasi tidaklah cukup?

1. Berhentilah mencoba memperbaiki masalah apapun yang ada di dalam hubungan Anda, biarkan pasangan memiliki waktunya sendirian.

2. Cobalah mengembalikan perasaan atau koneksi dengan pasangan dengan tindakan yang mendukung hal tersebut. Hadirlah untuknya, beri perhatian, jadilah pribadi yang jujur dan menyenangkan, lakukan apapun yang Anda mampu selama berada di dekatnya.

3. Jadilah pribadi yang penyayang, baik, dan murah hati untuk memenuhi kebutuhannya. Jadikan dirinya prioritas dan hal ini akan jauh lebih mudah dilakukan ketika Anda tidak lagi fokus pada masalah pernikahan.

4. Carilah cara untuk lebih menghargai pasangan dan tunjukkan apresiasi Anda untuknya.

5. Jadilah orang yang paling dekat dengan pasangan untuk mengembalikan koneksi dalam hubungan pernikahan.

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
Diajak Nikah? Tanyakan 5 Hal ini Dulu!