Sukses

Perkaya Rasa Masakan Anda dengan 5 Jenis Rempah Eksotis Ini

Tambahkan rempah-rempah berikut ini pada masakan Anda agar cita rasa makanan semakin lezat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia memasak, seringkali dijumpai sebuah menu masakan yang bahan dasarnya sama tapi memiliki rasa yang berbeda. Mengapa begitu? Hal ini tergantung dari bumbu dan rempah-rempah apa yang ditambahkan kedalamnya.

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis rempah eksotis khas Indonesia. Rempah pada masakan merupakan bagian tanaman aromatik yang memiliki peranan penting serta berfungsi sebagai penyedap masakan.

Jenis rempah yang biasa digunakan pada masakan biasa rempah kering dengan aroma dan bentuk yang berbeda-beda. Nah, agar tak salah menambahkan bumbu atau rempah ke dalam masakan Anda, inilah dia 5 jenis rempah yang dapat menjadi sahabat baru di dapur Anda. Seperti yang ditulis dalam rilis Cookpad Indonesia, Senin (13/3/2017) berikut ini.

1. Kapulaga

Kapulaga atau nama lainnya kardamon biasa dijadikan sebagai bumbu penyedap untuk menu makanan sejenis kari, gulai dan opor. Jenis rempah yang satu ini memiliki sifat dapat menghilangkan bau amis pada daging. Cara menggunakannya pun cukup dengan dimemarkan, dihaluskan atau disangrai sehingga mengubah aroma yang amis menjadi lebih harum dan lezat.

2. Adas

Bentuknya sekilas mirip seperti gabah kering. Namun, adas memiliki aroma yang sangat harum dan sedikit pedas. Adas sering digunakan sebagai pengganti selederi pada sup atau masakan yang sedikit pedas seperti sup ikan, acar dan bumbu kari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pekak

Pekak dikenal juga dengan sebutan bunga lawang karena bentuknya seperti bunga. Padahal pekak bukanlah sebuah bunga, melainkan sejenis buah. Di negara Eropa, pekak disebut star anise karena bentuknya yang unik menyerupai bintang. Pekak memiliki aroma yang menyerupai adas namun masih kalah populer dibandingkan rempah lain seperti pala atau ketumbar.

Cara penggunaannya bisa langsung dimasukkan utuh ke dalam masakan, tapi dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, karena justru akan membuat rasa masakan menjadi pahit. Menu makanan yang biasa menggunakan pekak adalah rendang, gulai khas Aceh atau masakan India.

4. Jinten

Perkaya Rasa Masakan Anda dengan 5 Jenis Rempah Eksotis Ini (Foto: Cookpad)

Jenis rempah yang satu ini memiliki dua jenis, yaitu jinten putih dan hitam. Jinten hitam lebih sering digunakan untuk pengobatan alternatif, sedangkan jinten putih bisa dipakai untuk pengobatan dan sebagai bumbu masakan. Serupa dengan kapulaga, jinten biasa digunakan dalam masakan seperti gulai, opor dan kari. Kandungan zat besi tinggi yang terdapat didalamnya pun dapat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui.

5. Kayu Manis

Perkaya Rasa Masakan Anda dengan 5 Jenis Rempah Eksotis Ini (Foto: Cookpad)

Kayu pengharum makanan ini pasti sudah dikenal karena memiliki wangi yang khas dan mudah diperoleh. Bagian kulit dari batang kayu manis dengan rasa hangat, pedas dan wangi ini banyak digunakan untuk menambah cita rasa dalam kue atau minuman. Kayu manis dapat digunakan dalam bentuk bubuk atau batang.

Di Cookpad Indonesia, tersimpan lebih dari 10 ribu resep menggunakan rempah-rempah seperti dijelaskan di atas. Resep yang ada di Cookpad bisa menjadi referensi Anda dalam membuat masakan untuk keluarga tercinta. Resep-resep ini ditulis oleh ribuan pengguna Cookpad yang saling berbagi pengalaman agar masak menjadi lebih menyenangkan. Selamat memasak!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.