Sukses

Inilah Alasan Mengapa Rumah Penduduk Jepang Bergaya Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup modern memang lekat dengan masyarakat perkotaan dan masyarakat maju. Akan tetapi, jika melihat masyarakat Jepang, masih banyak di antara mereka menerapkan gaya hidup sederhana dan minimalis. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana kehidupan mereka sehari-hari.

Dilansir dari TrendingPost, Selasa (14/03/2017), Masyarakat Jepang terkenal dengan desain minimalis dalam menampilkan esensi kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini dapat terlihat dari rumah-rumah dengan perabotan, perlengkapan dan aksesoris yang minim. Dari segi psikologis, hal ini menceminkan bahwa orang-orang tersebut lebih tertib dan terorganisasi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut gaya hidup yang dijalankan oleh mereka.

1. Tidak Ada Tempat Tidur

Di beberapa rumah penduduk Jepang, mungkin Anda tidak akan menemukan tempat tidur. Mereka terbiasa untuk tidur di lantai dengan alas kasur tipis yang bisa digulung. Hal ini tentu lebih praktis dan tidak menghabiskan banyak tempat.

1 dari 3 halaman

Toilet yang Rapi

Umumnya rumah penduduk Jepang bergaya minimalis. Ini alasannya (Foto: trendingpost.net)

2. Toilet yang Rapi
Bahkan jika melihat kamar mandi, Anda tidak akan menemukan sabun atau sampo tergeletak di sembarang tempat. Karena mereka lebih suka menyimpan perlangkapan mandi di tempat yang tersembunyi di sudut ruangan.

3. Penataan Lemari Pakaian
Hanya pakaian yang akan dikenakan sehari-hari yang diletakkan di dalam lemari. Dan tidak ada pakaian tambahan yang akan ditemukan disana.

4. Furnitur Kamar Tidur
Pada kamar tidur, selain kasur biasanya hanya terdapat satu meja dan kursi. Tidak ada furnitur tambahan.

2 dari 3 halaman

Kulkas

5. Kulkas
Tidak akan terdapat junk food di dalam kulkas mereka. Karena mereka lebih suka mengisinya dengan bahan-bahan makanan alami yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Tatanan Dapur
Sebuah dapur di Jepang akan terlihat bersih dengan peralatan yang sedikit. Mereka percaya bahwa terlalu banyak peralatan memasak seperti pisau, sendok dan lain-lain akan membuat dapur terlihat berantakan dan kotor.

7. Hanya Cukup Panci dan Wajan
Sebuah lemari dapur ruamh di Jepang hanya memiliki jumlah minimum panci atau peralatan memasak lainnya. Hanya diperlukan panci atau wajan yang benar-benar digunakan untuk memasak yang tersimpan di lemari mereka

8. Perabotan yang Minim
Mereka lebih senang dengan rumah yang memiliki sedikit perabotan. Hanya perabotan penting yang akan digunakan.

9. Tidak Ada Lampu Mewah
Rumah di Jepang akan memiliki pencahayaan yang estetik tanpa perlu menggunakan lampu-lampu kristal yang mewah.

Sebuah rumah yang terorganisir dan minimnya perabotaan dipercaya akan lebih membuka pikiran untuk berkonsentrasi pada pekerjaan. Itulah sebabnya penduduk Jepang sangat senang dengan gaya serba minimalis.

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
Inspirasi Desain untuk Rumah Mungil Minimalis Anda
Artikel Selanjutnya
Tambahkan 5 Aksesori Utama Ini agar Suasana Rumah Lebih Hidup