Sukses

Harus Minum Kopi Tiap Hari? Ini yang Terjadi pada Otak Anda

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi bagi banyak orang saat ini adalah sebuah gaya hidup, di luar semua pekerjaan yang terasa tidak pernah berhenti. Namun, mungkin Anda juga pernah mendengar bahwa terlalu banyak minum kopi bukanlah sesuatu yang baik untuk tubuh Anda.

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (14/3/2017), beberapa penelitian menunjukkan bahwa menelan terlalu banyak kafein atau lebih dari lima cangkir kopi dalam sehari dapat menyebabkan kegelisahan. Berikut ini adalah beberapa hal lainnya yang harus Anda waspadai terjadi pada otak Anda ketika terlalu banyak minum kopi. Penasaran?

1. Membuat pernapasan Anda menjadi dangkal atau pendek
Terlalu banyak minum kopi dapat melepaskan hormon adrenalin yang memicu stres. Stres dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, sekaligus memperpendek napas Anda. Berhati-hatilah.

2. Membuat Anda lebih mudah marah dan cemas
Pernapasan yang dangkal dapat mengakibatkan kurangnya oksigen yang sampai di otak, sehingga memanipulasi emosi Anda dengan berbagai cara. Anda mungkin akan merasa lebih sensitif dan mudah cemas.

3. Menyebabkan insomnia
Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 24 jam bagi kopi untuk benar-benar dicerna oleh sistem tubuh. Jadi, jangan terlalu banyak kopi di sore hari atau sebelum tidur, karena akan mendatangkan malapetaka di malam hari.
Tentu saja, kurang tidur akibat terlalu banyak minum kopi dapat memperburuk beberapa gejala yang telah disebutkan sebelumnya.