Sukses

Riset: Anak Milenial Lebih Suka Wisata Alam ketimbang Wisata Kota

Liputan6.com, Jakarta Bali dan Jakarta telah lama menjadi destinasi andalan bagi pariwisata Indonesia. Namun Indonesia bukan hanya Bali dan Jakarta, beberapa destinasi wisata baru bermunculan dan mulai banyak dikunjungi traveler muda. Riset yang dirilis Agoda, salah satu platform reservasi online terkemuka di dunia, bahkan mengungkap 10 destinasi domestik baru yang kini tengah naik daun di kalangan traveler.

Data Agoda tahun 2015 dan 2016 tentang pertumbuhan destinasi domestik di kalangan traveler Indonesia menunjukkan, 6 dari 10 destinasi pilihan traveler merupakan tempat yang dekat dengan alam dan taman nasional. Dari temuan ini dapat ditarik kesimpulan, traveler milenial lebih menyukai destinasi yang dekat dengan alam.

Ke-6 destinasi yang dekat dengan taman nasional dan paling digemari traveler milenial adalah Labuan Bajo, Samosir, Manado, Sukabumi, Lombok, dan Lampung. Labuan Bajo terkenal dengan Taman Nasional Komodo, pantai yang menawan, dan pemandangan matahari terbenam yang epik. Samosir merupakan pulau yang terbentuk akibat erupsi hebat yang terjadi sekitar 75.000 tahun lalu. Pemandangan Danau Toba menjadi salah satu keindahan yang dapat disaksikan saat berada di Samosir.

Sementara Manado di Sulawesi Utara terkenal dengan beragam keindahan, termasuk keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken dan Siladen. Bagi yang gemar wisata alam pegunungan, Sukabumi menjadi pilihan yang tepat. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango salah satu lokasi yang banyak dikunjungi traveler di era milenial.

Lombok di Nusa Tenggara Barat juga menjadi pilihan traveler milenial karena menyimpan keindahan wisata bahari yang menakjubkan. Memiliki 17 gili dengan beragam spot snorkeling, menjadikan Lombok tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Lampung juga menjadi destinasi wisata baru yang mulai dikenal banyak wisatawan. Keindahan bawah air Pulau Pahawang merupakan daya tarik tersendiri bari pariwisata Lampung.

Terkait riset tersebut, Gede Gunawan, Contry Director Agoda International Indonesia menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (13/3/2017) mengatakan, “Traveler muda Indonesia adalah mereka yang punya pikiran independen dan punya jiwa petualang. Mereka aktif mencari pengalaman yang berbeda melalui traveling dan selalu ingin merasakan pengalaman menjelajahi tempat baru. Fakta unik dari riset ini membuat pemahaman kami tentang milenial traveling semakin valid.”

Dari temuan tersebut, yang mengejutkan adalah masuknya nama-nama destinasi wisata yang dianggap baru, antara lain Karawang, Cikarang, Tegal, dan kawasan Puncak.

Berikut daftar 10 besar destinasi wisata yang paling banyak digemari wisatawan milenial menurut penelitian yang dilakukan Agoda.
1. Karawang
2. Labuna Bajo
3. Sukabumi
4. Samosir
5. Cikarang
6. Tegal
7. Bandar Lampung
8. Manado
9. Puncak
10. Lombok

Artikel Selanjutnya
Bukit Seroja Wonosobo, Wisata Alam Cantik yang Bikin Melongo
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Liburan Keluarga Terbaik di Bogor untuk Akhir Pekan Seru