Sukses

Kenali Kesalahan dalam Berbelanja Bulanan

Liputan6.com, Jakarta Semua orang suka melakukan belanja bulanan, terutama wanita. Selain menyenangkan, belanja bulanan juga diperlukan untuk mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga. Jika hendak melakukan belanja bulanan, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Salah-salah, Anda akan mengalami keborosan dan penyesalan pada akhirnya. Kenali beberapa kesalahan dalam melakukan belanja bulanan berikut ini.

1. Salah perhitungan
Jika Anda melakukan salah perhitungan, maka tanpa disadari akan menjadi boros. Pastikan Anda telah meneteapkan anggaran khusus untuk berbelanja kebutuhan bulanan Anda dan keluarga dan telah melakukan perhitungan yang cermat untuk ini.

2. Membeli yang tidak dibutuhkan
Membeli barang yang tidak Anda butuhkan seringkali terjadi ketika Anda berada di supermarket. Mata Anda tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

3. Membeli terlalu banyak atau terlalu sedikit
Belanja jumlah barang yang terlalu sedikit atau terlalu banyak juga menjadi masalah. Jika Anda membeli terlalu banyak, maka akan menjadi boros, tetapi jika Anda membeli terlalu sedikit, maka Anda akan sering membeli barang yang sama di kemudian hari dan akan membuat Anda memiliki pengeluaran tambahan yang seharusnya tidak perlu. Belilah jumlah yang Anda butuhkan selama kurun waktu tertentu. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk yang Anda belanjakan.

4. Kurang perbandingan
Terkadang, barang yang sama di toko yang berbeda memiliki harga yang berbeda pula. Anda harus melakukan perbandingan harga di satu toko dengan toko yang lain secara seksama agar tidak belanja barang dengan kualitas yang sama tetapi dengan harga yang lebih mahal.

 

(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Mau Beli Baju Anak Secara Online? Simak Tipsnya Berikut
Artikel Selanjutnya
4 Trik Ini Bikin Belanja Online Jadi Lebih Murah Lagi