Sukses

Keraton Yogyakarta Resmikan Website untuk Layani Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki website resmi yaitu Kratonjogja.id. Web resmi ini bertujuan untuk melayani masyarakat dan wistawan yang ingin mengetahui tentang Kraton Yogyakarta. Peresmian ini dilakukan langsung oleh Raja Kraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan HB X di bangsal Sri Manganti pada Selasa (7/3/2017). Peresmian website ini dilakukan terbatas pada tamu undangan dan kerabat kraton Yogyakarta.

Sultan HB X dalam sambutannya mengatakan penggunaan kratonjogja.id ini dimaksudkan untuk membuka akses bagi masyarakat untuk memperoleh informasi dan layanan di Kraton Yogya agar Kraton dapat berhubungan dengan dunia luar setelah dibuatnya website resmi ini. Sehingga tidak hanya warga tapi juga wisatwan yang ingin mengetahui tentnag Kraton dapat membuka di laman ini. Sebab saat ini masyarakat sudah paham dalam menggunakan media internet. Sehingga website resmi ini dapat mendekatkan masyarakat dan wisatwan kepada kraton Ngayogyokarto hadiningrat.

"Kondisi kraton harus menyesuaikan karena bagaimananpun kraton tidak lupa berkomunikasi dengna publik. tidak hanya di yogyakarta warga diluar yogyakarta juga ingin mengetahui kraton yogya. Maka akun resmi kratonjogja.id saya resmikan perdananya supaya diaskes masayarakat dan masyarakat dunia ," Ujarnya.

Sementara itu GKR Hayu Penghageng Tepas Tadha Yekti mengatakan sebelumnya Kraton sudah memiliki media sosial, livestreaming dan website. Namun website yang dapat dipertanggungjwabkan isinya dengan berbagai konten yang ada baru pada hari Selasa (7/3/2017). Sehingga seluruh konten yang ada sudah benar benar diverifikasi oleh tim kraton sehingga dapat dipertanggungjwabkan.

"Setelah jadi artikelnya kita ada tim verifikasi ada profesor dan kanjeng. Jadi jika ada yang nanya lalu tidak langsung dijawab ya karena kita jaga harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Mungkin kita updatenya jarang-jarang fine ya, yang jelas update itu bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Sebelumnya Gusti Hayu sudah melakukan riset website kerajaan lainnya seperti di Kerajaan Inggris yang khusus untuk wisata. Lalu juga kerajaan di Jepang. Ia memulai membuat konten yang bisa dipilih masyarakat untuk mengetahui Kraton Yogyakarta baik wistawan maupun generasi muda saat ini.

"ya kan sekarang danger viral ada ya. Nah mereka pasti akan lebih selektif. Kita ingin agar mereka masih menajadikan kraton sebagai akar budaya mereka dan masih ada tempat di hati mereka," ujarnya.


Putri keempat Sultan HB X ini mengatakan website Kratonjogja.id ini memiliki banyak kanal seperti Beranda, Agenda, Hajad Dalem, Profil Sultan HB X, Sejarah, Persitiwa, Kagungan Dalem. Sehingga website ini benar-benar dapat melayani wisatawan. Namun ia berharap nantinya website ini dapat digunakan untuk keperluan layanan yang ada di Kraton.


"kan kita ada layanan wisatawan lalu nanti bisa dipakai untuk layanan publik Kraton lain seperti urusan pertanahan misal kekancingan dan lainnya bisa diakses melalui website kami. Tapi itu proses selanjutnya ya," ujarnya.

(Yanuar H/Fathi Mahmud)

Artikel Selanjutnya
Libur Panjang, Warga Serbu Tempat Wisata di DKI Jakarta
Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Festival 2017 Siap Digelar