Sukses

Kenali Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi Setelah Makan

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah merasakan ada makanan yang tersangkut di antara sela-sela gigi setelah makan. Beberapa dari Anda mungkin kerap menggunakan tusuk gigi untuk membersihkannya. Amankah hal tersebut?

Menurut para ahli, menggunakan tusuk gigi tidak disarankan karena dapat menimbulkan bahaya bagi gigi serta gusi. Sebagai salah satu alternatif Anda bisa menggunakan air untuk berkumur setelah makan sesuatu Berikut, beberapa alasan mengapa orang harus berhenti menggunakan tusuk gigi, seperti yang dilansir dari boldsky.com.

1. Penyebab gusi berdarah

Ketika Anda terus membersihkan sisa makanan di antara gigi untuk menghilangkan bagian makanan yang tertinggal, hal itu akan menyebabkan pendarahan pada area gusi. Jika ini sering Anda lakukan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian gigi.

2. Infeksi

Sesekali Anda boleh menggunakan tusuk gigi dengan hati-hati, apabila terlalu sering dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi gusi. Apabila terjadi luka pada gusi, dikhawatirkan hal ini akan menjadi infeksi.

3. Ruang antara gigi

Ketika tusuk gigi digunakan di tempat yang sama dan sering, hal tersebut akan menciptakan ruang di antara dua gigi. Hal ini akan memperbesar kemungkinan makanan terjebak di antaranya dan menyebabkan pembentukan rongga.

4. Kerusakan email gigi

Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi, tanpa sengaja dan sadar juga kerap mengunyah tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada email gigi.

5. Kerusakan akar gigi

Tanpa sadar saat menggunakan tusuk gigi Anda juga dapat merusak area akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

6. Nafas yang berbau

Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Namun, ketika makanan yang berada di celah gigi dalam jangka waktu yang lama dan terangkat dengan menggunakan tusuk gigi, hal ini akan menimbulkan bau mulut tak sedap.


Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Sebabkan Sakit Gigi
Artikel Selanjutnya
99.3% Orang Rekomendasikan Pasta Gigi Anti Ngilu Ini