Sukses

Ini 3 Tipe Orangtua, yang Manakah Anda?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda merupakan seorang Ibu atau Ayah, maka Anda disebut orangtua. Orangtua menjadi pemimpin yang melindungi anak-anaknya dan bertanggung jawab pada pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Tugas dan peran orangtua memang kompleks dan tidak mudah. Di atas semuanya itu, ternyata ada 3 tipe orangtua di dunia, lantas termasuk ke dalam tipe yang manakah Anda?

1. Tipe otoriter
Orangtua dengan tipe otoriter ini biasanya cenderung keras dan mendidik anak-anak dengan pola rewards, namun juga hukuman. Orangtua dengan tipe ini tidak segan menghukum dan mengajar anak-anak dengan cara yang cenderung keras. Banyak larangan dan ancaman serta peraturan yang dibuat oleh orangtua dengan tipe otoriter.

2. Tipe santai
Orangtua dengan tipe yang cenderung lebih santai ini adalah kebalikan dari tipe orangtua otoriter. Orangtua santai tidak suka melarang, membuat peraturan apalagi menghukum anak-anaknya. Orangtua dengan tipe santai ini sangat percaya dengan anaknya sehingga anak-anaknya seakan dilepas begitu saja. Namun, bukan berarti anak-anak mereka tidak diperhatikan, para orangtua dengan tipe santai justru mendidik anaknya dengan kasih sayang dan lemah lembut. Kebanyakan orangtua dengan tipe ini adalah orangtua yang sibuk bekerja dan berkarier.

3. Tipe bijaksana
Orangtua dengan tipe ketiga ini adalah yang seharusnya dimiliki oleh setiap orangtua. Orangtua yang bijaksana dapat mengajar dan mendidik anak-anaknya dengan cara yang seimbang. Tidak melulu mengekang anak, tapi juga tidak selalu membebaskan anak melakukan hal apa saja. Karena pengawasan dan perhatian yang tepat akan membentuk karakter anak yang baik dan cerdas. 

 

Odilia Hana Santoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini