Sukses

4 Kebiasaan yang Merontokkan Rambut Anda Secara Tidak Sadar

Ternyata ada 4 kebiasaan salah yang membuat rambut Anda rontok lebih cepat dibanding biasanya. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah sebuah mahkota yang harus dijaga baik-baik oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Namun beberpaa kebiasaan yang secara tidak sadar dilakukan ini, akan merusak rambut dengan cepat. Seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Jumat (10/3/2017).

Diet berlebihan
Banyak orang yang tidak sadar, kebiasaan diet yang salah akan mempercepat rambut rontok dan rusak. Karena rambut membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk tetap tumbuh, sama seperti organ tubuh lainnya. Untuk menghindarinya, perbanyaklah konsumsi protein sehingga rambut tetap sehat.

Salah menangani rambut basah
Rambut basah memang menyenangkan untuk disisir, namun hal ini akan makin memperparah kerusakan rambut. Hal ini disebabkan karena rambut berada di posisi paling lemah ketika basah dan rentan terhadap kerusakan. Hindarilah dengan cara mengeringkan rambut dengan handuk secara perlahan dan membiarkannya kering secara alami.

Ikatan rambut terlalu ketat
Menggunakan ikatan rambut terlalu ketat akan menyebabkan kerusakan parah pada rambut. Bahkan ikatan rambut ketat akan berujung pada alopecia, kondisi medis di mana rambut sudah lemah dan tidak mampu tumbuh lagi. Biasakan gerai rambut sesering mungkin dan hindarilah menggunakan ikat rambut dari karet.

Garuk kepala
Bila rambut memiliki ketombe, menggaruk kepala memang terasa menyenangkan untuk menghilangkan gatal. Namun kebiasaan ini akan membuat Anda merusak kulit kepala, sehingga rambut lebih mudah rontok. Untuk mencegahnya, garuklah bagian ketombe ketika menggunakan shampo yang mengandung zinc dan bahan lainnya. Usahakan rambut kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung agar terhindar dari ketombe. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini