Sukses

Tips Masak Sate Daging Sapi dan Kambing yang Sering Anda Lupakan

Ternyata, ada beberapa tips sederhana yang sering Anda lupakan ketika membuat sate. Inilah beberapa diantaranya.

Liputan6.com, Jakarta Sate merupakan salah satu makanan tradisional yang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Namun tidak semua orang yang mengerti bagaimana cara membuat sate dari daging sapi dan kambing, agar tetap nikmat dengan cita rasa yang luar biasa.

Dimas Putra Pratama, salah satu pendiri dari Sate Klathak Mas Tanto, start up dalam Festival Jajanan Bango 2017, akan memberikan beberapa tips agar sajian sate lebih nikmat.

Dimas menyarankan semua bumbu harus diulek menggunakan tangan, karena rasanya akan lebih baik dibanding bumbu yang dicampur menggunakan blender. Kunci berikutnya yang bisa menjadikan sate lebih nikmat adalah waktu ungkep yang lama, sehingga bumbu bisa merata lebih dalam dan memberikan cita rasa lebih nikmat.

Dimas sendiri menceritakan ada penanganan yang berbeda untuk daging sapi dan daging kambing yang ingin diolah. Untuk daging kambing, diusahakan tidak menyentuh air. Hal ini dikarenakan daging kambing akan semakin menyengat baunya ketika tercampur dengan air. Akan lebih baik menghindari baunya dengan campuran daun papaya.

“Supaya sate lebih lembut, jangan lupa ketika diungkep, daging dipukul-pukul dengan tangan. Nanti daging akan lebih lemas dan ketika dipanggang jadi lebih nikmat” ujar Dimas saat ditemui di Bebek Bangil, Selasa (7/3/2017).

Sebagai penutup, Dimas memberi kunci terakhir agar rasa sate lebih nikmat, yaitu memanggangnya dengan tungku bara. Cara ini memberikan aroma yang lebih mantap kepada daging sapi dan daging kambing, ketika dijadikan Sate Klathak. Tentunya berbagai tips ini bisa membantu Anda membuat sate sendiri. Mau mencoba?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.