Sukses

8 Jenis Makanan yang Tidak Baik dipanaskan Ulang

Liputan6.com, Jakarta Tidak peduli seberapa lezat dan sehat makanan yang baru disajikan, makanan tersebut akan kehilangan manfaat kesehatannya bila dipanaskan ulang. Selain itu, bisa juga menyebabkan timbulnya racun pada makanan tersebut.

Untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada tubuh, melansir dari brightside.me, Senin (13/3/2017) ada 8 jenis makanan yang harus segera dimakan ketika siap disajikan.

1. Seledri
Makanan yang mengandung campuran seledri seperti sup harus segera dikonsumsi selagi hangat. Seledri mengandung nitrat yang akan berubah menjadi racun ketika dipanaskan ulang.

2. Telur
Hindari memanaskan ulang telur orak-arik atau telur dadar setelah dimasak karena akan berubah menjadi racun. Lebih baik menambahkannya pada sandwich atau salad.

3. Bayam
Banyak orang yang melakukan diet dengan menu makanan dari sayur bayam. Serupa dengan seledri, bayam juga mengandung nitrat yang akan berubah menjadi asam setelah pemanasan. Anda bisa menambahkan bayam pada smoothie, sandwich atau salad agar tetap bermanfaat bagi tubuh.

1 dari 2 halaman

4. Jamur

Meskipun kaya akan kandungan protein, vitamin dan asam amino, jamur tidak baik dicerna bila sudah dipanaskan ulang. Hal ini akan menyebabkan sakit perut atau perut kembung. Jika tidak ingin membuang masakan jamur Anda, masukkan ke dalam lemari es dan makan di hari berikutnya dengan cukup memanaskannya tak lebih dari 70 derajat celsius. Namun, untuk penggunaan terbaik dari sisa jamur Anda, jadikan sebagai saus pasta atau tambahan salad.

5. Kentang
Kentang bila dipanaskan ulang akan kehilangan manfaat rasa dan kesehatan, bahkan dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Lebih baik bila Anda mengkonsumsi kentang tumbuk dan kentang goreng sesegara mungkin.

6. Ayam
Ketika memanaskan kembali menu masakan ayam Anda, akan terjadi perubahan komposisi protein yang akan menyebabkan terjadinya masalah pencernaan. Oleh karena itu, lebih baik menambahkan sisa ayam untuk salad atau sandwich.

7. Buah bit
Mencampurkan buah bit pada sup favorit Anda memang bermanfaat untuk kesehatan dan juga menambah kelezatan rasa. Namun, jangan memanaskan sup bit Anda kembali ketika masih bersisa, karena rasanya akan berubah menjadi lebih asam dan tak enak dikonsumsi. Lebih baik pilih buah bit segar dan campurkan pada smoothie atau salad.

8. Nasi
Nasi kaya akan vitamin, mineral dan asam amino, tapi juga mengandung spora dari bakteri bila dibiarkan setelah dimasak. Jika nasi bersisa pada suhu kamar, bakteri akan mudah berkembang biak dan dapat menyebabkan keracunan. Memanaskan nasi yang sudah dimasak sudah tidak layak dikonsumsi kembali. Jadi lebih baik makan nasi segera atau dinginkan dalam waktu satu jam setelah dimasak.

 

Artikel Selanjutnya
Hati-Hati... Proses Masak Salah, Nutrisi Makanan Bisa Hilang!
Artikel Selanjutnya
Buat Sendiri Pengharum Ruangan dari Minyak Esensial Alami