Sukses

Trik Jitu Membuat Bunga Tetap Segar dalam Waktu yang Lama

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan bunga sebagai sebuah hadiah memang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, bunga asli tidak bisa terus segar dalam waktu yang lama. Malahan dapat berubah menjadi busuk dan akhirnya terbuang.

Padahal Anda ingin menikmati kecantikan bunga dalam waktu yang lama, bukan? Melansir dari brightside.me, Rabu (15/3/2017) ada cara-cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kesegaran bunga. Penasaran? Coba tipsnya berikut ini.

Simpan bunga dalam vas berukuran besar
Selalu simpan bunga dalam vas yang bersih. Trik ini akan membantu mencegah bakteri atau mikroorganisme lain masuk ke dalam bunga dan membuatnya menjadi busuk. Untuk memastikan batang bunga tidak terlalu erat, pilih vas bunga yang berukuran besar.

Tempatkan bunga pas vas berisi air hangat
Tentu saja, air mendidih tidak akan bekerja dengan baik, Anda harus memastikan suhu air panas sekitar 43-44 derajat celcius. Tuang air ke dalam vas dan simpan bunga di dalamnya. Jangan lupa menempatkan bunga di lokasi yang sejuk selama satu hingga dua jam.

Molekul air panas dapat bergerak lebih cepat melalui batang bunga. Sementara bunga akan kehilangan kelembapan karena udara yang sejuk. Metode inilah yang disebut dengan "hardening", yaitu pengerasan yang dapat membuat bunga lebih awet.

Potong daun yang ada di bagian bawah
Untuk membuat bunga tampak segar dan tahan lama, potong daun yang ada di bagian bawah sebatas air pada vas bunga. Daun yang terendam di dalam air dapat mulai membusuk dengan cepat sehingga memberikan makanan bagi bakteri yang dapat membuat bunga menjadi busuk.

Rutinlah mengganti air vas bunga
Untuk menjada bunga tetap segar, gantilah air vasnya setiap hari. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan vas sebelum kembali menambahkan air. Anda juga dapat menambahkan beberapa tablet aspirin di dalam vas berisi air untuk membantu menjaga air tetap bersih dan terbebas dari bakteri perusak bunga.