Sukses

11 Trik Cerdas Mengecilkan Pori Wajah dengan Aplikasi Makeup

Tidak khawatir lagi bagi Anda yang memiliki pori wajah besar, gunakan beberapa trik makeup di bawah ini untuk menyamarkannya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki pori wajah besar, maka rutinitas makeup adalah perjuangan yang nyata. Selain itu, Anda juga pasti pernah mencari cara untuk membuat pori wajah terlihat samar dengan makeup.

Kesalahan yang masih sering dilakukan oleh banyak orang sampai saat ini adalah menggunakan makeup mahal, namun justru membuat tampilan yang lebih buruk, seperti cakey. Dilansir dari bustle.com, Selasa (14/3/2017), berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki tampilan pori wajah besar dengan menggunakan makeup.

1. Hindari makeup berbahan minyak
Karena ukuran pori wajah juga ditentukan oleh faktor genetik, maka Anda tidak akan benar-benar membuatnya mengecil, namun melembutkan tampilannya. Caranya adalah menghindari produk makeup yang mengandung bahan-bahan berat, seperti minyak mineral. Sedangkan di malam hari, usahakan selalu membersihkan wajah, serta gunakan toner dan pelembap malam yang tepat.

2. Selalu terhidrasi
Minum air sangat penting dilakukan sepanjang hari, terutama jika Anda menghadapi masalah pori wajah yang besar. Satu hal yang perlu diingat adalah pori wajah akan semakin meluas jika kulit mengalami dehidrasi.

3. Gunakan produk pori wajah yang sesuai dengan jenis kulit
Tidak cukup hanya mengenakan sebuah produk secara rutin, namun juga penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit Anda.

4. Gunakan produk hanya di daerah yang bermasalah
Jangan menggunakan satu produk di seluruh area wajah, rumus terbaiknya adalah gunakan pada area yang bermasalah saja. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat produk dan fokus pada area yang paling membutuhkan perawatan.

5. Tekan bedak tabur pada pori wajah Anda
Untuk meminimalisir tampilan pori wajah yang besar, tekankan penggunaan bedak tabur untuk mengisi rongga pori. Dengan cara ini, pori wajah tidak akan terlihat dengan jelas.

6. Lakukan hal yang sama saat mengaplikasikan foundation
Anda juga bisa melakukan trik yang sama saat mengaplikasikan alas bedak, namun satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus memiliki formula yang tepat. Selain itu, Anda juga harus mencari benda yang tepat untuk digunakan, karena akan menjaga makeup bertahan sepanjang hari.

Aplikasikan satu kali, tunggu hingga terlihat sempurna, kemudian aplikasikan layer berikutnya sesuai dengan keinginan Anda. Namun, pastikan untuk selalu mencuci muka di malam hari, atau Anda akan mendapat tampilan pori wajah yang lebih besar.

7. Gunakan Facial Spray Primer sebagai penghalang
Jika makeup tidak dapat mengisi pori wajah Anda dengan sempurna, maka cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menciptakan sebuah penghalang antara kulit dan makeup dengan semprotan primer. Semprotan primer dapat membantu mengurangi munculnya pori wajah.

Cara penggunaannya adalah setelah mengaplikasikan pelembab, semprotkan primer, tunggu hingga kering, sebelum Anda mengaplikasikan makeup.

8. Cari produk makeup yang menggunakan silikon
Jika Anda mencari produk primer, foundation, dan bedak tabur, carilah yang mengandung bahan silikon, karena bahan ini akan membantu mengisi pori wajah dan membuatnya terlihat lebih kecil ketika Anda mengaplikasikan makeup.

9. Carilah bedak tabur dengan warna yang lembut
Pilihan lain yang bisa Anda lakukan untuk menutup pori wajah adalah dengan menggunakan bedak tabur berwarna lembut, karena ini akan mengaburkan tekstur apapun yang terdapat di wajah Anda. Tambahkan di akhir penggunaan makeup.

10. Carilah foundation dengan hasil akhir matte
Ketika mencari foundation, jangan fokus pada produk yang mengandung formula pelembap, namun yang dapat menghasilkan penampilan matte. Ini akan membuat tampilan wajah lebih lembut dan tanpa pori-pori.

11. Cobalah menggunakan vitamin C
Jika Anda mencari obat alami untuk membantu mengecilkan pori wajah Anda, cobalah produk yang mengandung vitamin C dan jeruk. Contohnya seperti pembersih wajah lemon atau masker jeruk, ini dapat membantu mengencangkan pori wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini