Sukses

Nikmatnya Ayam Goreng ala Mbah Cemplung

Penasaran seperti apa renyahnya ayam goreng ala Mbah Cemplung? Simak ulasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta memang kaya akan keragaman kulinernya. Berbagai jenis soto hingga hidangan asli seperti gudeg dan bakpia pathok tersedia di sana. Ada satu tempat makan yang cukup ternama dan menarik untuk dicoba, yaitu ayam goreng Jawa Mbah Cemplung. Lokasinya sedikit keluar dari keramaian kota Yogyakarta.

Ayam goreng Jawa Mbah Cemplung merupakan rumah makan yang sudah lama berdiri di Desa Wisata Kasongan, sebuah pusat kerajinan tanah liat di Bantul, bagian selatan Yogyakarta. Deretan toko-toko di sini menawarkan beragam produk tembikar dan porselen dengan kualitas internasional. Di area inilah ayam goreng Jawa Mbah Cemplung berada. Rumah makan ini sudah beroperasi sejak 1970, dan populer di kalangan para pemandu wisata yang ingin membawa klien mereka menyantap hidangan ayam goreng super enak.

Terdapat pilihan menu ayam goreng utuh yang cukup menggoda. Setelah sekitar 5 sampai 7 menit, makanan pun datang. Yang mengejutkan, ukurannya ayam cukup besar. Sepiring lalapan segar yang terdiri dari daun kenikir, daun kemangi, dan irisan timun juga turut disajikan bersama dengan semangkuk kecil sambal. Daging ayamnya sangat empuk, dengan sedikit rasa manis yang umum ditemukan pada daging ayam kampung. Sementara itu, sambalnya luar biasa pedas.

Jika Anda menyukai tempat makan yang lebih sepi, Anda bisa mencoba gerai lain restoran ini di Jalan Lingkar Selatan Madukismo.

Temui tempat makan legendaris lainnya di Good Indonesian Food (GIF).

Desa Sembungan, Bangunjiwo,
Bantul, Yogyakarta
T: 0274 926 1977
Buka setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB
Rp.60.000/US$4,40 per orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini