Sukses

Waspada, Berat Badan Berlebih Dapat Pengaruhi Kemampuan Otak

Secara tidak sadar, berat badan berlebih akan mempengaruhi kemampuan otak. Inilah hasil penelitiannya.

Liputan6.com, Jakarta Berat badan berlebihan atau biasanya disebut dengan obesitas, ternyata memiliki pengaruh penting pada otak. Bahkan setiap berat badan bisa mempengaruhi kinerja otak hingga tua. Seperti yang dirilis dari lifehack.org, Jumat (10/3/2017).

Menurut penelitian dari University of Cambridge yang menguji 473 orang dewasa berumur 20 hingga 87 tahun, mereka menguji berbagai perbedaan yang ada di otak untuk menemukan berbagai perbedaan. Salah satu pembandingnya adalah berat badan, area abu-abu dan area putih pada otak.

Latihan Mental Seru Untuk Maksimalkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Hasilnya cukup mengejutkan, orang-orang yang memiliki berat yang berlebih, memiliki area putih yang lebih sedikit, dibanding dengan orang yang berat badannya normal. Perbandingannya adalah, orang berusia 50 tahun memiliki otak yang jauh lebih tua 10 tahun dibanding kenyataannya.

Kondisi yang mempengaruhi bagian putih otak ini dapat menyebabkan demensia, Alzheimer, depresi hingga mengganggu ingatan. Bagian bahasa dan kemampuan visual juga ikut terganggu bila Anda tidak memerangi diri menghindari berat badan yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini