Sukses

Begini Cara Ungkapkan Ketidaksepakatan Anda pada Pasangan

Untuk menghindari konflik yang tidak perlu, maka Anda perlu untuk mengungkapkan ketidaksepakatan dengan cara bijaksana.

Liputan6.com, Jakarta Anda dan pasangan Anda tentu pernah mengalami perbedaan pendapat, bukan? Ada beberapa ketidaksetujuan dan ketidaksepakatan yang mungkin pernah menghampiri hubungan Anda. Untuk menghindari konflik yang tidak perlu dan berkepanjangan, maka Anda perlu untuk mengungkapkan ketidaksepakatan Anda dengan cara yang bijaksana. Dilansir dari laman magforwomen.com, Rabu (26/10/2011), begini cara mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang baik untuk menghindari konflik.

1. Katakan saat berdua
Jangan mengungkapkannya ketika Anda sedang dalam keramaian atau ketika Anda berdua sedang berada bersama rekan-rekan atau kerabat-kerabat Anda. Hal ini menandakan bahwa Anda menghargai perasaan pasangan Anda dan hubungan Anda.

2. Cari waktu yang tepat
Anda harus mampu melihat situasi dan kondisi. Pastikan Anda mengutarakannya di waktu yang tepat dan tenang agar pasangan Anda pun mampu menerimanya dengan kepala dingin.

3. Jelaskan pandangan atau pendapat Anda
Sekarang waktunya utarakan pandangan atau pendapat Anda kepada pasangan Anda. Utarakan dengan jujur dan lembut beserta argumentasi Anda yang kuat. Pastikan pasangan Anda dapat menerimanya dengan masuk akal.

4. Dengarkan dengan sikap hati yang terbuka
Sebaliknya, Anda juga harus mau mendengarkan pandangan atau pendapat pasangan Anda dengan sikap hati yang terbuka. Dengan demikian, Anda berdua dapat mencari jalan tengah dan jalan keluar dari perbedaan pendapat Anda.

5. Katakan secara langsung dan tatap muka
Jangan gunakan media apapun untuk membahas hal ini. Ini merupakan hal yang penting bagi hubungan Anda. Pastikan Anda dapat berbicara empat mata dan dapat mencari solusi bersama sesegera mungkin. (Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini