Sukses

Gaya Hidup Sehat Dapat Menyeimbangkan Kalori Berlebih pada Tubuh

Intip beberapa rutinitas gaya hidup sehat yang dapat menyeimbangkan kadar kalori berlebih dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Memotong beberapa kalori didalam tubuh tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Yang perlu dilakukan adalah melakukan perubahan dengan gaya hidup sehat melalui kegiatan yang konsisten.

Dilansir dari RealSimple, Selasa (07/03/2017), berikut cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari dan memotong kelebihan kalori yang ada pada tubuh dengan cara alami.

1. Meminum Kopi dan Teh Tanpa Gula
Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Public Health menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi hitam akan mengkonsumsi 69 kalori lebih sedikit per harinya, dibandingkan dengan mereka yang menambahkan gula, krim dan tambahan pemanis lainnya ke dalam cangkir mereka. Untuk teh tanpa gula, Anda bisa menghemat sekitar 43 kalori perhari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memperbanyak Konsumsi Serat Pada Saat Sarapan

2. Memperbanyak Konsumsi Serat Pada Saat Sarapan
Seorang ahli gizi di Baylor College of Medicine, Kristi King mengungkapkan bahwa memilih sereal sebagai menu sarapan sangat baik untuk dilakukan. Karena sereal sangat tinggi serat dan membuat Anda akan merasa lebih cepat kenyang tanpa perlu makan dalam porsi yang banyak. Mengkonsumsi sereal ini ternyata akan mengurangi 31% kalori dibandingkan dengan makanan manis.

3. Mengganti Konsumsi Soda dengan Air Mineral
Jika Anda mengurangi satu kaleng minuman soda setiap hari, maka bisa menghemat sekitar 150 kalori pada tubuh. Anda bisa beralih ke air mineral karena diet soda akan benar-benar menghemat kalori yang ada dalam tubuh.

4. Memperbanyak Konsumsi Protein
Sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan ringan dengan protein yang tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, susu, dan kedelai. Hal ini juga dapat mengatasi rasa lapar pada sore hari sehingga Anda tidak perlu mengkomsi banyak glukosa dengan makanan manis lainnya. Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa makanan tinggi protein memiliki efek lebih besar terhadap pengurangan kalori dibandingkan dengan yang rendah protein.

5. Salad
Memilih salad dibandingkan dengan roti secara otomatis akan membantu menghemat kalori. Anda bisa memperbanyak salad sayuran maupun buah-buahan jika benar-benar ingin mengurangi kalori.

3 dari 3 halaman

Makanlah Sebelum Lapar

6. Makanlah Sebelum Lapar
Makanlah sebelum Anda benar-benar merasa lapar. Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal Of Marketing Research tahun 2016, memesan makanan sedikitnya 1 jam sebelum makan makan akan cenderung mengurangi sedikit kalori. Menunggu rasa lapar muncul akan meningkatkan peluang untuk melahap makanan dalam jumlah yang banyak.

7. Memasak di Rumah
Jika Anda memutuskan untuk memasak sendiri di rumah, maka akan membantu dalam mengurangi jumlah kalori. Studi dalam jurnal Public Health Nutrition tahun 2015 menemukan bahwa orang-orang yang memasak makan malam di rumah sebanyak 6 atau 7 kali dalam seminggu, akan memakan sekitar 150 kalori lebih sedikit per hari dibandingkan dengan mereka yang hanya memasak 1 kali seminggu. 

8. Mengurangi Konsumsi Minyak Goreng
Ketika memasak sayuran, sebaiknya kurangi penggunaan minyak goreng untuk membantu memotong kalori dan membiasakan gaya hidup sehat tanpa minyak berlebihan. Anda bisa menggantinya dengan cooking spray agar tidak lengket. Perlu diketahui, 1 sendok minyak goreng kira-kira memiliki 120 kalori.

(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini