Sukses

5 Makanan Ini Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Saat kita tersenyum orang lain akan melihat diri kita lebih menarik. Gigi putih bersih adalah salah satu hal yang membuat senyuman kita terlihat begitu maksimal. Untuk mendapatkan gigi putih, Anda cukup melakukan perawatan rutin ke dokter gigi. Namun, melakukan perawatan tentu membutuhkan biaya yang mahal bukan? Dilansir dari thelist.com pada Selasa (7/3/2017), berikut ini adalah 5 makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan gigi putih secara alami.

Jeruk

Bukan cuma buahnya, kulit jeruk pun bisa dijadikan resep kecantikan alami. (Foto: topnaturalremedies.net)
Seorang dokter gigi dari Austin beranama Robert D’Alfonso mengatakan bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan enzim bromelain dalam jeruk berfungsi seperti penghilang noda alami. Bromelain juga membantu mencegah munculnya plak, yang jika tidak dicegah akan menghasilkan asam yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

1 dari 3 halaman

Nanas

Nanas
Sama seperti jeruk, nanas juga mengandung enzim penghilang noda alami. Sebuah studi dalam Internasional Jurnal of Dental Hygiene mengemukakan bahwa bromelian merupakan bahan efektif penghilang noda yang terdapat pada pasta gigi.

Stroberi

Strawberry mengandung asam alami yang bisa bantu mencerahkan warna gigi. Cobalah untuk menumbuk strawberry, kemudian menggosokkannya pada gigi Anda. Tunggu 15 menit, kemudian bilaslah dengan air. (Ilustrasi Istimewa)
Stroberi mengandung enzim yang disebut asam malat, yang berfungsi sebagai astrigent alami untuk menghilangkan perubahan warna. Anda bisa mengaplikasikannya dengan menghaluskan beberapa stroberi lalu oleksan pada gigi Anda, diamkan selama lima menit lalu bilas dan sikat gigi seperti biasa.

2 dari 3 halaman

Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan Biji-bijian
Selain berfungsi sebagai sumber protein nabati, kacang-kacangan juga mengandung lemak sehat dan serat. Mengonsumsi kacang akan membantu menjaga gigi Anda agar tetap sehat dan cukup abrasif menghilangkan noda pada gigi. Salah satu contohnya adalah kacang almond.

Apel

Buah apel mengandung zat yang bisa menguatkan dan bisa memutihkan gigi. Ketika gigi  menguyah daging dari buah apel, secara tidak bersamaan daging buah apel sedang membunuh flek kuning dan juga menjaga ketahanan gigi. (Ilustrasi Istimewa)
Mengonsumsi satu buah apel setiap hari akan menjauhkan gigi Anda dari berbagai masalah. Apel yang renyah berfungsi sebagai scrub pada gigi Anda saat Anda mengunyahnya. Apel juga memiliki konsentrasi tinggi asam malat yang sering digunakan pada pasta gigi. Asam malat meningkatkan air liur yang akan membersihkan gigi Anda dan meghilangkan noda.

(Dearni Grasia)

Artikel Selanjutnya
Manfaat Ajaib dari Pasta Gigi yang Perlu Anda Ketahui
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Ini Bisa Kuatkan dan Putihkan Gigi Anda