Sukses

5 Fakta Taman Nasional Komodo yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Taman Nasional Komodo yang sudah 37 tahun berdiri, ternyata memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui oleh orang banyak. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Taman Nasional Komodo kini memasuki usia ke-37 tahun, semenjak diresmikan pada 6 Maret 1980. Taman Nasional yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini ternyata juga memiliki beberapa fakta yang jarang diketahui oleh orang banyak. Apa saja?

Sudah diresmikan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO
Taman Nasional Komodo sudah dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Penetapan ini dikukuhkan pada sesi ke-15 UNESCO karena termasuk dalam kategori situs alam yang mengandung fenomena luar biasa dan estetika yang langka. Taman Nasional Komodo juga dijadikan Cagar Manusia dan Biosfer tahun 1977.

Taman Nasional Komodo merupakan habitat terakhir naga dunia
Menurut investigasi yang sudah dilakukan pada tahun 2009 oleh Universitas Melbourne, ditemukan komodo merupakan spesies yang sudah lama hidup di Australia. Mereka bermigrasi 900 ribu tahun yang lalu hingga tiba di Kepulauan Sunda Kecil dan berhasil bertahan hingga saat ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Taman Nasional Komodo, merupakan tempat terakhir di mana mereka bebas berkembang biak dan hidup secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Fakta Taman Nasional Komodo yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Pernah menjadi 7 Keajaiban Dunia Baru
Pada tahun 2011, Taman Nasional Komodo pernah dinobatkan menjadi calon pemenang 7 Keajaiban Dunia Baru. Taman Nasional Komodo berdampingan dengan berbagai keajaiban baru lainnya seperti Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. November 2011, TN Komodo mendapatkan suara terbanyak untuk jadi keajaiban dunia.

Berada di kawasan gunung api
Ternyata, Taman Nasional Komodo berada di kawasan pulau-pulau vulkanis, dengan kekayaan alam yang luar biasa. Terbukti di kawasan Nusa Tenggara dipenuhi oleh berbagai gunung aktif yang bisa dijelajahi seperti Gunung Tambora, Rinjani, hingga Gunung Ara.

Memiliki kekayaan laut tertinggi di dunia
Termasuk dalam Coral Triangle, kawasan Taman Nasional Komodo memiliki kekayaan laut tertinggi di dunia. Terletak di kawasan Indonesia bagian Tengah, Laut Sawu, dan Flores yang mengitari Taman Nasional Komodo sendiri bak Hutan Amazon di dasar lautan, dengan kekayaan 76 persen spesies laut dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini