Sukses

Agar Tak Lekas Menghitam, Ini Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak

Cara mencukur bulu ketiak yang tidak tepat dapat mengakibatkan ketiak menghitam. Ini cara menghindarinya.

Liputan6.com, Jakarta Bulu ketiak dinilai memalukan bagi banyak orang sehingga mereka cenderung ingin mencukurnya. Namun, cara mencukur yang tidak tepat mengakibatkan ketiak menghitam.

Kesalahan mencukur juga akan mengakibatkan permukaan kulit ketiak terasa perih, kulit tergores, dan rambut tumbuh ke arag dalam. Terdengar menyeramkan, bukan? Ya, ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif, sehingga menggunakan alat cukur memang berisiko.

Supaya tidak terjadi demikian, Anda perlu mengetahui cara tepat mencukur ketiak. Dilansir dari laman Grooming Essentials, Senin (6/3/2017), berikut cara tepat mencukur bulu ketiak supaya bagian itu tetap cerah dan lembut.

1. Bersihkan dulu ketiak
Sebelum dicukur, ketiak wajib dalam kondisi bersih. Sebab, kotoran dan bakteri pada ketiak akan berisiko menyumbat pisau cukur sehingga proses mencukur tidak akan efisien.

2. Eksfoliasi
Ini adalah proses menghilangkan sel mati di atas permukaan kulit. Proses ini akan mempermudah pencukuran karena kondisi ketiak yang lebih bersih. Anda dapat menggunakan scrub yang tersedia di pasaran atau membuat sendiri dengan gula merah, madu, dan jus lemon.

3. Cukur pada malam hari
Proses mencukur mungkin menimbulkan perlukaan pada kulit. Pengaplikasian deodoran setelahnya akan meningkatkan risiko iritasi. Maka dengan mencukur pada malam hari, Anda tidak perlu memakai deodoran dan mengurangi risiko tersebut.

4. Hidrasi
Kulit yang kering akan memperparah iritasi, maka pastikan sebelum dan setelah mencukur, kulit ketiak cukup lembap. Anda dapat mengambil kesempatan mencukur setelah mandi dan mengaplikasikan pelembap setelahnya.

5. Gunakan pisau tajam
Penyebab terbesar rasa perih saat mencukur yakni penggunaan pisau cukur yang tumpul. Maka pastikan Anda menggunakan pisau tajam dan mencukur bulu ketiak ke semua arah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini