Sukses

Berkunjung ke Indonesia, Raja Salman Pecahkan 3 Rekor MURI

Kunjungan rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud pecahkan tiga rekor MURI, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Kunjungan rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia sangat fenomenal. Tiga rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) berhasil dipecahkan sekaligus.

Jaya Suprana, Ketua Umm MURI menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (2/3/2017) mengatakan, “Belum pernah ada yang seperti ini. Beliau (Raja Salman) layak diberikan penghargaan.”

Tiga rekor MURI yang berhasil tercipta antara lain, pertama jumlah rombongan Raja Salman yang fenomenal, yaitu sekitar 1.500 orang.

“Rombongan Raja Salman ini merupakan kunjungan kenegaraan yang terbesar. Negara lain belum pernah ada yang seperti ini,” ucap Jaya.

Kedua, Raja Salman tercatat sebagai kepala negara tertua yang datang berkunjung ke Tanah Air, yaitu usia 81 tahun. Dan ketiga, jumlah investasi Arab Saudi yang dibawa Raja Salman menjadi yang terbesar dalam sejarah ekonomi Indonesia, yaitu mencapai angka Rp 333 triliun.

The biggest. Jadi ada tiga rekor,” sebut Jaya.

Jaya Suprana sendiri mengaku kagum dengan kunjungan Raja Salman. Apalagi, sang raja juga ikut membawa initial public offering (IPO) penjualan saham perdana terbesar. Rencananya tiga penghargaan rekor MURI ini akan diberikan melalui duta besar Arab Saudi di Indonesia dan duta besar Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Terkait hal ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya angkat bicara. Baginya pemberian tiga rekor masih kurang, karena masih ada rekor Kepala Negara dan Raja terlama berlibur di Bali, yaitu lima hari.

“Ini sangat baik, karena menyambung hubungan baik, setelah 47 tahun kedua pemimpin negara tidak lagi bertemu, sejak Raja berkunjung ke Jakarta tahun 1970," ungkap Menpar Arief Yahya, yang menyebut selama ini Raja Salman lebih sering liburan ke Maladewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini