Sukses

Pelaminan Berbunga Ala Jawa Sambut Raja Salman di DPR

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud mengelilingi Asia begitu menarik perhatian masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Indonesia menjadi negara kedua yang disambangi oleh Raja Salman, setelah Malaysia.

Tidak mengherankan jika kedatangan Raja Salman ke Indonesia begitu viral, mengingat bahwa ia membawa 1.500 rombongan, 800 delegasi, dan 25 pangeran bersamanya. Setelah penyambutan di Istana Bogor pada Rabu (2/3/2017) lalu bersama Jokowi, Raja Salman memiliki agenda untuk mengunjungi gedung DPR dan Masjid Istiqlal di hari ini, Kamis (2/3/2017).

Hal unik yang kemudian mengambil perhatian banyak orang adalah dekorasi di dalam gedung DPR itu sendiri yang diubah dan dihias sedemikian rupa untuk menyambut kedatangan Raja Salman dan rombongan. Selain kursi dan mikrofon emas, gedung DPR juga dihiasi dengan gebyok Jawa, kain batik, dan beberapa jenis bunga, seperti mawar, melati, sedap malam, kastuba, dan anggrek.

Pemimpin DPR/MPR RI siap menyambut kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud beserta rombongan.

Dekorasi ini diakui sebagai permintaan langsung dari Ketua DPR, Setya Novanto yang ingin menonjolkan kebudayaan Jawa sebagai sisi tradisional dari Indonesia. Menurut penanggungjawab dekorasi gedung DPR, masyarakat Timur Tengah sangat menyukai ukiran kayu, kain, dan wangi bunga, maka dari itulah dipilih gebyok, kain batik sebagai kain khas Indonesia, dan 20 jenis bunga yang berbeda.

Sedangkan dominasi bunga warna putih merupakan hasil koordinasi dengan protokoler Kerajaan Arab Saudi yang menyatakan bahwa Raja Salman sangat menyukai mawar putih.
Dekorasi gedung DPR dalam menyambut Raja Salman ini diperkirakan memakan biaya lebih dari Rp 500 juta.

Artikel Selanjutnya
Festival Gemilang Wonderful Indonesia di Sambas Undang Wali Band
Artikel Selanjutnya
Lebaran di Banyuwangi, Wisatawan Akan Dihibur Beragam Atraksi