Sukses

Makanan Khas Arab Ini Ternyata Jadi Kegemaran Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Makanan dari Arab ternyata sudah lama menjadi kegemaran orang Indonesia. Bahkan ada makanan yang sudah dimodifikasi dengan cita rasa lokal. Apa saja makanan yang sudah tenar ini? Inilah beberapa diantaranya.

Martabak

Berasal dari bahasa Arab Muttabaq, makanan ini sudah berasimilasi dengan berbagai daerah di Indonesia. Seperti Martabak Kubang dari Sumatera Barat, hingga Martabak Bandung dari Jawa Barat. Pada umumnya martabak memiliki rasa manis dan gurih, terdiri dari bahan yang berbeda. Martabak yang manis terbuat dari kulit tebal dari tepung dengan campuran cokelat dan gula. Sedangkan martabak yang gurih terbuat dari kulit yang tipis, dengan campuran daging, telur dan kuah yang sangat nikmat.

Roti Prata

Ingin merasakan salah satu masakan Aceh? Yuk kita ke Pasar Minggu untuk mencoba roti canai.

Roti Prata atau Roti Canai, juga terkenal di kalangan India yang telah datang ke Indonesia berabad lamanya. Roti ini terbuat dari lapisan kulit martabak yang tipis, kemudian dilipat-lipat sebelum nantinya dihancurkan setelah di panggang. Roti ini biasanya dikonsumsi dengan gulai atau tambahan lainnya yang menambah cita rasa.

Nasi Biryani

Kawasan Asia Selatan memiliki makanan khas yang disebut Biryani. Biryani merupakan nasi yang di masak dengan rempah-rempah, sayuran, atau daging. (twitter)

Dikenal dengan sajian yang penuh rempah dan campuran daging, Nasi Biryani sering dibuat untuk menyambut hari besar di Indonesia. Selain mengenyangkan, makanan ini benar-benar praktis menyatukan lauk dan nasi tanpa harus menggunakan banyak tempat. Karena dimasak langsung dengan daging, tentunya rasa Nasi Biryani ini menjadi lebih nikmat dan gurih di lidah.

Gulai Kambing

Gulai kambing ala rumah makan Blok M di Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Siapa yang tidak kenal gulai kambing? Sajian yang memiliki pengaruh Arab dan India ini sudah menjadi bagian kebudayaan di Indonesia. Banyak prosesi adat yang mengharuskan penyelenggara menghadirkan sajian gulai kambing yang memiliki makna sangat mewah. Tentunya gulai kambing memiliki mitos membangkitkan semangat bagi para penikmatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini