Sukses

Buat Anak Anda Lebih Bahagia dengan Cara Ini

Intip tips untuk membuat hidup anak Anda bahagia dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah seorang Ibu atau Ayah, maka Anda mungkin sudah tahu bahwa hal yang palingn diinginkan di dunia adalah kebahagiaan untuk sang buah hati. Tapi, bagaimana Anda akan tahu seperti apa sebenarnya yang akan membuat anak-anak merasa bahagia? Berikut ini adalah beberapa fakta yang membuat anak-anak bahagia seperti dikutip dari laman magforwomen.com, Jumat (10/3/2017).

1. Pastikan Anda selalu terhubung dengan anak-anak Anda
Menurut Dr. Edward Hallowell, MD, seorang psikiater anak, cara terbaik untuk menjaga kesejahteraan emosional anak adalah dengan memastikan Anda dan anak Anda tetap terhubung satu sama lain, juga kepada anggota keluarga lainnya, tetangga, hewan peliharaan, dan setiap makhluk hidup yang ia jumpai dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini mengembangkan perasaan dicintai, diinginkan dan diakui dalam dirinya.

2. Pikirkan apa yang terjadi dalam jangka panjang
Mengikuti setiap permintaan anak pada tahap awal kehidupan dapat membuatnya bahagia untuk saat ini, tapi itu akan memiliki dampak buruk pada masa depannya. Dunia nyata tidak mudah. Orang harus berjuang dan membuktikan kualitas mereka untuk memiliki semuanya. Semakin anak Anda siap untuk itu, semakin bahagia dia kelak dalam jangka panjang di masa depannya.

3. Memupuk kebahagiaan Anda sendiri
Sementara, sebagai orang tua, Anda mungkin tidak memiliki kontrol langsung atas kebahagiaan anak, Anda hanya memiliki kontrol atas diri Anda sendiri. Anak-anak dari orang tua yang hidupnya tertekan akan menderita dua kali di atas rata-rata tingkat depresi pada umumnya, sedangkan, orang tua yang senang cenderung meninggalkan getaran bahagia di rumah, yang akhirnya mengarah ke anak-anak yang juga bahagia.

4. Biarkan ia merasakan keberhasilan dan kegagalan
Penelitian telah membuktikan bahwa harga diri terhubung kepada kebahagiaan, dan jika Anda benar-benar ingin kebahagiaan untuk anak Anda, biarkan dia berhasil dan biarkan dia gagal. Biarkan dia mengambil langkah-langkah nyata dengan dirinya. Jangan lupa untuk tetap mengawasi dan menjaga mereka.

5. Hibahkan tanggung jawab yang bermakna
Anak Anda akan lebih bahagia jika dia tahu bahwa Anda menghargai kemampuannya. Berikan kesempatan sang anak untuk membuktikan dirinya layak, sehingga ia mampu memberikan kontribusi untuk keluarga Anda. Ini akan memberikan kebahagiaan tertinggi pada anak-anak Anda.

 


(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini