Sukses

Tips Menjaga Sweater Anda Agar Kondisinya Tetap Terlihat Baru

Lakukan beberapa hal ini agar sweater Anda tetap terjaga dan selalu terlihat baru.

Liputan6.com, Jakarta Ketika musim dingin atau musim hujan datang, tidak ada salahnya Anda mengenakan sweater rajut untuk mempercantik penampilan ke kantor atau sekedar jalan ke mall dengan teman-teman. Seringkali, sweater jarang dilirik karena perawatannya yang sedikit susah, akhirnya sweater-sweater lama hanya tersimpan rapi dilemari.

Dilansir dari Realsimple, Jumat (3/03/2017), ada beberapa tips menjaga sweater agar tetap terlihat seperti baru.

1. Kejelian
Pada saat membeli swaeter, pastikan Anda memeriksa benang hasil rajutannya masih utuh, rapi dan tidak longgar. Terutama pada sweater berbahan wol dan khasmir.

2. Sebelum Mencuci
Hal pertama yang dilakukan sebelum mencuci adalah memeriksa label perawatan. Ini akan memberitahu Anda apakah sweater tersebut aman untuk dicuci dengan menggunakan mesin cuci atau hanya cukup dengan mencuci dengan tangan, atau dry cleaning. Jika bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci, maka ada baiknya melewatkan siklus putaran yang cepat. Karena gerakan kasar pada mesin cuci dapat merenggangkan rajutan dan merusak bentuk pakaian.

3. Pada Saat Mencuci
Sertakan pelembut pakaian pada saat mencuci agar kelembutan pada sweater tetap terjaga. Pelembut juga dapat membantu menjaga serat rajutan tidak pudar. Dan jangan lupa untuk memisahkan sweater dari pakaian-pakaian lain pada saat mencuci agar seratnya tidak rusak.

4. Pengeringan
Jika label perawatan mengatakan pakaian Anda aman untuk dikeringkan dalam mesin cuci, ada baiknya untuk melewati langkah ini. Sabaliknya, sweater cukup dikeringkan pada udara yang kering dengan menggunakan handuk, agar menghindari penyusutan pada kain. Jangan menggantung sweater pada jemuran karena akan dapat merenggangkan rajutan, terutama pada saat serat basah dan mengandung air.

Pastikan juga Anda tidak menggantung pakaian rajut dalam lemari karena dapat meregangkan serat yang ada.

(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini