Sukses

Manfaat Kartu Kredit untuk Membayar Tagihan Bulanan

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit bisa menghapus semua drama transaksi melunasi tagihan rutin, seperti listrik, telepon, TV kabel, dan lain-lain. Tidak akan ada lagi drama antre di loket PLN, drama cari parkiran di kantor PDAM, atau drama memalukan gara-gara kurang membawa duit tunai.

Berkat fitur konsolidasi tagihan bulanan, kartu kredit sangat terasa manfaatnya. Bayar transaksi pakai kartu kredit pasti dijamin ringkas.

Silakan periksa, setiap tagihan punya tenggat waktu berbeda. Misalnya tagihan listrik yang jatuh tempo tiap tanggal 20, TV kabel tenggatnya tiap tanggal 25, dan lain-lain. Repotnya kalau tenggat waktu melunasi tagihan rutin jatuh lebih cepat dari tanggal gajian.

Di sinilah untungnya bila Anda memiliki kartu kredit. Semua tenggat waktu pembayaran tagihan rutin itu tidak perlu dipikirkan lagi karena sudah dibayar lebih dulu oleh pihak bank. Cuma, tetap diingat hal mendasar dari kartu kredit, yakni sebagai alat pembayaran uang tunai yang dapat ditunda.

Supaya lebih optimal manfaatnya, penggunaan fitur konsolidasi tagihan rutin itu juga harus dibarengi dengan mengalokasikan penghasilan untuk pos pengeluaran tersebut.

Contohnya total bayar tagihan rutin mencapai Rp 4 juta. Saat gajian tiba, segera sisihkan Rp 4 juta untuk pos alokasi tagihan rutin itu. Jadi ketika tagihan kartu kredit jatuh tempo, semua bisa dibayar lunas.
Untuk mengetahui lebih lanjut soal manfaat kartu kredit dalam pembayaran tagihan bulanan, simak dulu ulasan dari DuitPintar.com berikut ini.

Bayar Tagihan Rutin Pakai Kartu Kredit Lebih Hemat?
Ada anggapan bayar tagihan kartu kredit bisa membuat pengeluaran lebih irit. Apakah benar? Kalau dipikir secara logis, mungkin tidak juga. Pada prinsipnya, pihak bank membayar lebih dulu semua tagihan itu baru kemudian ditagih ke pemilik kartu kredit.
Ditambah lagi, besaran tagihan rutin itu tidak murni alias ada biayanya. Sudah jamak bank penerbit kartu kredit membebankan biaya pelunasan tagihan rutin dengan nilai bervariasi. Rata-rata mulai Rp 5.000 sampai Rp 7.500, tergantung dari jenis tagihannya.

Jangan lihat dari satu sisi saja, perhatikan promo-promo dan hadiah dari kartu kredit untuk tiap transaksi yang dilakukan. Bahkan Anda bisa juga menikmati cashback dari akumulasi transaksi tiap bulannya.

Perlu kejelian dalam memilih kartu kredit bila sejak awal memang digunakan untuk membantu membayar tagihan rutin. Sebaiknya cari kartu kredit yang dilengkapi fitur konsolidasi tagihan dengan benefit cashback, poin, sampai bebas biaya tagihan.
Alhasil, sangat disarankan agar kartu kredit yang digunakan untuk konsolidasi tagihan rutin itu dibedakan dengan kartu kredit untuk keperluan lain.

Jadi, ada satu kartu kredit yang secara khusus digunakan untuk konsolidasi tagihan. Langkah ini juga gampang mengontrol besaran tagihan rutin tiap bulan, karena tidak tercampur dengan transaksi lainnya di luar pembayaran tagihan rutin tersebut.

Selain tagihan tak akan telat bayar yang pada akhirnya lolos dari denda, siap-siap saja diganjar cashback atau hadiah dari si penerbit kartu kredit.

Artikel Selanjutnya
Liburan di Hotel? Pertimbangkan Ini Sebelum Gunakan Layanan Kamar
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 7 Tanda Hubungan Asmara Bertepuk Sebelah Tangan