Sukses

Suka Nuansa Hijau, Raja Salman Akan Kunjungi Kebun Raya Bogor

Liputan6.com, Jakarta Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Alsaud yang dikenal sebagai penyuka nuansa hijau, akan diajak Presiden Joko Widodo mengunjungi Istana Bogor. Selain membicarakan sejumlah agenda bilateral, saat di Istana Bogor, Raja Salman juga akan melakukan penanaman pohon di area istana.

Cecep Koswara, Staf Protokoler Istana Bogor, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (27/2/2017) mengatakan, “Memang ada agenda menanam pohon bersama Presiden Joko Widodo. Tempatnya masih belum tahu, kemungkinan antara di halaman Istana Bogor atau sekitar Kebun Raya Bogor, pasti juga akan ditemani beberapa pangeran.”

Cecep berharap, Kebun Raya Bogor diharapkan bisa menghibur Raja Salman yang senang dengan nuansa sejuk seperti alam hutan. Apalagi kebun botani yang juga digunakan sebagai tempat penelitian dan konservasi ini adalah salah satu tempat wisata kebanggaan Kota Hujan. Setiap hari, kebun botani yang memiliki luas 87 hektar dengan koleksi sekitar 15 ribu tanaman ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Menurut Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar, hingga saat ini pihaknya belum menerima disposisi apakah Kebun Raya Bogor ditutup atau tidak. Ia pun belum dapat memastikan apakah Kebun Raya Bogor akan tetap menerima wisatawan atau ditutup. Bila akhirnya harus ditutup, pengelola siap melaksanakan perintah.

"Informasinya ada beberapa rombongan, tapi dari pihak Kebun Raya Bogor belum menerima surat resmi untuk disposisi kebun raya. Tapi apapun nanti permintaan dari Istana Negara kita siap, jelas kebanggaan untuk kami jika indahnya Kebun Raya Bogor terekspose ke Timur Tengah," ungkap Upun.

Kebun Raya Bogor sendiri memiliki banyak spot wisata hijau yang menarik. Kebun botani yang sudah ada sejak abad ke-19 ini menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Bogor yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Upun lebih jauh mengatakan, "Beberapa bangunan bersejarah dapat kita temukan di beberapa titik di Kebun Raya Bogor. Di kebun botani ini juga terdapat museum, taman, danau buatan, Kebun Raya Bogor itu indah dan bersejarah, di Arab Saudi tidak ada yang seperti ini. Pasti ini akan jadi daya tarik tersendiri."

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di area Kebun Raya Bogor yang bisa dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Danau Gunting

Danau Gunting dapat dengan mudah diakses dari gerbang pintu utama Kebun Raya Bogor. Danau buatan ini merupakan salah satu tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi meskipun ada beberapa cerita mistis yang mengiringinya.

"Di sekitar danau ini ada prasasti Georg Karl Reinwardt. Ia adalah pendiri Kebun Raya Bogor. Di sekitar Danau Gunting yang layak dikunjungi adalah Patung Tangan Tuhan serta Patung The Little Mermaid," kata Upun menambahkan.

3 dari 7 halaman

Museum Zoologi


Museum Zoologi merupakan sebuah museum yang berkaitan dengan hewan. Di museum ini kita bisa melihat berbagai jenis satwa yang diawetkan. Jumlah spesies yang diawetkan di museum ini mencapai 2.000 jenis.

"Salah satu koleksi paling menarik di museum ini adalah sebuah kerangka tulang utuh dari makhluk terbesar di dunia yaitu paus biru atau blue whale. Kerangka ini ditempatkan di sebuah ruangan tersendiri di dalam museum," papar Upun.

4 dari 7 halaman

Pemakanam Belanda Kuno

Pemakaman Belanda Kuno, kuburan yang menarik untuk dikunjungi karena di sana terdapat beberapa makam yang berjasa terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor. Salah satu makam yang ada di kompleks pemakanan ini adalah makam Heinrich Kuhl dan JC Van Hasselt.

5 dari 7 halaman

Taman Teijsman

Di Kebun Raya Bogor juga ada sebuah taman yang bernama Taman Teijsman. Nama taman ini diambil dari seorang ahli botani asal Belanda yang ditugaskan mengelola Kebun Raya Bogor oleh Gubernur Jenderal Belanda, Van Den Bosch pada tahun 1830. Di tengah-tengah taman ini ada sebuah tugu dengan nama yang sama yakni Tugu Teijsman.

6 dari 7 halaman

Taman Sujana Kassan

Taman lain di Kebun Raya Bogor yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Sujana Kassan. Di tengah-tengah taman ini ada sebuah rangkaian bunga yang kalau dilihat dari atas akan terlihat berbentuk lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda.

7 dari 7 halaman

Griya Anggrek

Griya Anggrek merupakan salah satu bagian dari Kebun Raya Bogor yang dikhususkan untuk bunga anggrek. Ada sekitar 500 spesies anggrek yang terdapat di tempat ini. Baik itu anggrek alami maupun anggrek hasil silangan. Bangunan Griya Anggrek atau juga sering disebut dengan Taman Anggrek ini berupa rumah kaca. Pemandangan bunga-bunga anggrek yang ada di tempat ini akan membuat kita betah berlama-lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.