Sukses

Susur Sungai Sambil Berkuda, Aktivitas Wisata Anyar di Yogyakarta

Bagi pencinta wisata petualangan, nampaknya Anda perlu mencoba destinasi wisata teranyar yang ada di Yogyakarta ini.

Liputan6.com, Yogyakarta Bagi pencinta wisata petualangan, nampaknya Anda perlu mencoba destinasi wisata teranyar yang ada di Yogyakarta ini. Berlokasi di Simping Janturan Tirtonadi Mlati Sleman, tempat akrab disebut Bale Kuda Stable ini menyediakan wisata baru, yaitu sensasi berkuda dengan menyusuri sungai. 

Agung Ginting Saputra, pemiliki Bale Kuda Stable kepada Liputan6.com, Minggu (26/2/2017) mengatakan, awal mula munculnya destinasi wisata baru ini tidak lepas dari banyaknya peternakan kuda di Yogyakarta, namun belum tergarap serius di sektor pariwisata. 

"Konsep baru wisata berkuda di alam. Memadukan dengan berkuda memang jarang ada apalagi menyusuri sungai. Di Jogja belum ada yang kayak gini. Wisata berkuda baru kali ini," ungkap Agung. 

Lebih jauh dirinya menjelaskan, ide awal membuat wisata kuda susur sungai ini muncul saat dirinya berkunjung ke peternakan kuda di Salatiga. Saat itu ia melihat ada seorang bule yang memiliki suami orang Indonesia sedang mengantarkan wisatawan. Lalu muncul ide untuk membuat wisata berkuda yang berbeda, yaitu dengan ide susur sungai.

Agung kemudian mulai merintis wisata ini dengan tiga ekor kuda dengan menawarkan enam paket wisata yang bisa dipilih pengunjung, termasuk pengunjung yang belum bisa berkuda.

"Ada paket pemula didalam lapangan kecil ini saja. Lalu susur sungai. Lalu susur sawah, perkampungan hingga susur sungai hingga di pinggir selokan Mataram. Ada enam paket sementara ini," kata Agung.

Terdapat enam paket wisata berkuda susur sungai yang ditawarkan Bale Kuda Stable. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Untuk keamanan, pengunjung tidak perlu khawatir. Pasalnya Bale Kuda Stable telah dilengkapi dengan prosedur keamanan yang lengkap, termasuk jasa pemandu yang berpengalaman.

"Kita dampingi, kita pandu terus. Kalau sudah bisa ya kita lepas. Kita tuntun misal yang belum pernah naik. Kita kasih helm tapi kalau mau foto pakai topi koboy kita juga sediakan," katanya.

Dengan biaya yang terjangkau, mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 250 ribu, Bale Kuda Stable menjadi destinasi wisata teranyar di Yogyakarta yang mulai naik daun. Bagi Anda penggemar wisata petualangan, Bale Kuda Stable perlu masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda selanjutnya. Apalagi di tempat ini Anda juga bisa merasakan juga sensasi menyusuri sungai menggunakan ban. (Yanuar H)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.