Sukses

Begini Caranya Mengatasi Kantuk Selama Mengemudi

Liputan6.com, Jakarta Rasa kantuk memang suka datang melanda secara tiba-tiba tanpa Anda undang. Terkadang, Anda dapat merasa mengantuk saat bekerja, saat belajar, saat bersantai, atau saat mengemudi. Rasa kantuk berlebih di waktu Anda seharusnya fokus dan produktif tentu akan sangat mengganggu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat mengemudi:

1. Memakan permen atau cemilan ringan lainnya

Anda harus menyediakan kantong permen di dalam mobil. Ini berguna jika Anda mengalami kantuk secara tiba-tiba, coba alihkan perhatian dari rasa kantuk dengan makan. Selain permen, konsumsi makanan ringan juga bisa dilakukan untuk mengatasi kantuk saat sedang berkemudi.  

2. Beristirahat sejenak

Jika Anda mengemudi untuk jarak yang cukup jauh dan rasa kantuk benar-benar mengganggu, Anda dapat menepikan kendaraan di tempat peristirahatan yang aman dan beristirahatlah sejenak. Jangan paksakan diri karena ini berbahaya.

3. Mengobrol

Jika tidak bepergian seorang diri, maka Anda dapat mengajak keluarga atau teman Anda untuk mengobrol. Hal ini akan sangat ampuh karena akan mengalihkan perhatian Anda dari rasa kantuk yang melanda. 

4. Mendengarkan lagu atau menyanyi

Dengarkan lagu dan musik favorit dan bernyanyilah. Hal ini akan menambah kesenangan dan membuat Anda kembali bersemangat. 

 

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini