Sukses

Tips Mengelola Waktu dan Meningkatkan Produktivitas Kerja

Liputan6.com, Jakarta Waktu adalah faktor penting di dunia saat ini yang tampaknya akan berjalan seperti roda yang berputar dengan cepat. Anda perlu menyeimbangkan antara kehidupan profesional dan pribadi Anda dengan kemampuan yang menuntut Anda untuk melakukan dan memberi yang terbaik dari keduanya. Di sini, akan dibahas beberapa langkah yang akan membantu Anda untuk mengelola waktu secara efektif dan meningkatkan produktivitas Anda, seperti dilansir dari laman magforwomen.com, Senin (27/2/2017).

1. Buat daftar kegiatan
Pentingnya membuat daftar kegiatan tidak boleh diremehkan. Memiliki daftar yang jelas tentang apa tugas yang harus dilakukan dengan batas waktu perkiraan tertentu akan membantu Anda dalam menentukan prioritas. Jadi pastikan bahwa Anda membuat daftar kegiatan pada awal setiap harinya untuk pekerjaan Anda.

2. Ambil istirahat
Ambil istirahat dari kegiatan Anda sekali atau dua kali sehari. Hal ini dapat dilakukan dengan cara minum secangkir kopi atau berjalan-jalan di sekitar tempat kerja Anda. Anda bisa menuliskan waktu tertentu dalam jadwal harian Anda untuk waktu istirahat tersebut. Hal ini dapat meremajakan Anda dan mengisi energi Anda. Pastikan bahwa istirahat Anda fleksibel, tetapi tetap harus direncanakan dengan baik.

3. Hindari pemborosan waktu
Ketika Anda berada di kantor, Anda sering cenderung untuk melakukan banyak hal sekaligus. Hal ini dapat mencakup browsing, chatting atau percakapan telepon pribadi. Anda perlu memastikan bahwa Anda menghindari kegiatan tersebut, terutama ketika Anda menjalankan jadwal pekerjaan yang ketat.

4. Belajarlah untuk mendelegasikan tugas
Jika Anda memiliki satu atau dua orang yang berada di bawah naungan Anda dalam sebuah tim, pastikan bahwa Anda mengalokasikan tugas yang sesuai untuk mereka. Delegasi adalah seni, dan jika digunakan dengan benar, hal ini dapat menghemat waktu. Mengalokasikan tugas-tugas yang sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan bawahan Anda adalah hal yang baik. Anda harus menyediakan mereka bimbingan yang diperlukan pula.

5. Kerja cerdas adalah kuncinya
Tidak ada gunanya menghabiskan waktu lama pada pekerjaan yang dapat dilakukan dalam beberapa menit. Cari tahu metode alternatif untuk melakukan pekerjaan yang efektif dan menerapkannya sehingga dapat menuai keuntungan dari kerja cerdas. Hari-hari awal mungkin cukup menantang, namun ketika Anda sudah mendapatkan cukup pengalaman, kerja cerdas menjadi kebiasaan Anda dalam bekerja nantinya.

(Odilia Hana Santoso)