Sukses

Ternyata Ini Makna Setiap Dress Code di Acara Pernikahan

Sering bingung membaca dress code di undangan pernikahan? Simak di sini makna dari setiap dress code yang pernah Anda temui.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan selalu menjadi hal yang sakral, sekaligus penting dalam kehidupan seseorang. Tidak heran mengapa untuk menyiapkan sebuah pernikahan, sepasang kekasih harus bersusah payah selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan lamanya.

Bagi Anda yang sering menghadiri acara pernikahan, mungkin satu hal aneh yang juga sering Anda temui adalah dress code. Benar?

Dilansir dari purewow.com, Jumat (24/2/2017), berikut ini adalah makna dari setiap dress code di acara pernikahan. Penasaran?

1. Kasual
Jika Anda menemukan dress code kasual saat menghadiri sebuah acara pernikahan ini berarti pemilik acara tidak begitu peduli terhadap apa yang Anda kenakan, namun lebih kepada waktu yang saat itu berlangsung. Namun, jangan dipikir Anda bisa muncul dengan mengenakan celana jeans. Anda bisa memilih pakaian resmi, seperti celana panjang dengan jaket dan sentuhan dasi kupu-kupu.

2. Semiformal atau Cocktail Attire
Dress code ini seperti ketika Anda akan menghadiri acara malam tahun baru, yaitu sepatu unisex, pria yang mengenakan jas berwarna gelap, dan wanita yang cenderung mengenakan jumpsuit. Ini waktunya bagi Anda untuk bersenang-senang dengan apapun yang dikenakan.

3. Beach formal
Jika ini dress code yang Anda dapatkan, kemungkinan besar pemilik acara ingin Anda lebih berhati-hati dengan pilihan busana yang akan dikenakan. Pemilik acara pernikahan ingin Anda tetap berpakaian formal, namun tidak terlalu formal untuk digunakan di pantai.

4. Formal Attire atau Black Tie Optional
Gaun panjang mungkin pilihan terbaik bagi Anda yang mendapatkan dress code ini. Para pria juga disarankan mengenakan tuksedo atau jas hitam dengan dasi kupu-kupu.

5. Black Tie
Ketika menerima dress code ini, banyak orang salah paham bahwa kaum wanita juga harus mengenakan gaun formal berwarna hitam. Tidak, wanita cenderung dibebaskan mengenakan busana apapun yang diinginkan. Sedangkan tanpa kata "optional," seorang pria memang diharuskan menggunakan sebuah dasi berwarna hitam.

6. White Tie
Dress code yang satu ini merupakan salah satu yang paling formal, karena pemilik acara mengharapkan Anda muncul dengan jas tuksedo berwarna hitam, kemeja putih, rompi, dasi kupu-kupu berwarna putih, celana panjang, dan sepatu kulit. Busana kaum wanita biasanya dipercantik dengan sarung tangan cantik atau perhiasan yang rumit.

7. Tidak ada dress code
Jika pemilik acara tidak menyebutkan dress code apapun, maka ini berarti mereka tidak peduli terhadap apa yang akan Anda kenakan. Namun, lihat kembali kapan acara pernikahan tersebut berlangsung untuk menentukan apa yang sebaiknya Anda kenakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini