Sukses

Mengintip Indahnya Karanganyar, Destinasi Wisata Keluarga SBY

Mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta keluarga besar berwisata ke Karanganyar, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta keluarga besar berwisata ke Karanganyar, Jawa Tengah. Setelah melakukan perjalanan menggunakan kereta, keluarga besar SBY tiba di Stasiun Balapan, Solo, akhir pekan kemarin. Ani Yudhoyono yang dikenal hobi fotografi juga mengunggah beberapa gambar destinasi wisata Karanganyar.

“Alhamdulillah, full team bisa menikmati indah dan segarnya Grojogan Sewu Karanganyar,” tulis Ani Yudhoyono dalam akun Instagramnya.

Namun Karanganyar bukan hanya Grojogan Sewu, salah satu destinasi wisata unggulan yang berada di lereng Gunung Lawu dan berbatasan langsung dengan Solo. Karanganyar juga menyimpan keindahan alam lain. Berikut lima destinasi wisata seru yang ada di Karanganyar, selain Grojogan Sewu, seperti yang disusun Liputan6.com, Selasa (21/2/2017)

Air Terjun Pringgodani
Air Terjun Pringgodani berlokasi di Blumbang atau sekitar 4 kilometer dari terminal Bus Tawangmangu. Berada di kaki Gunung Lawu, air terjun ini berada di ketinggain 1.531 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki karakteristik yang unik, yaitu terdapat dua tingkat dengan tinggi pancur mencapai 100 meter. Penduduk sekitar mengatakan, dahulu lokasi air terjun ini kerap menjadi tempat persembagan bagi para penganut aliran kepercayaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gua Tlorong

Gua alami yang berada di Desa Lempong Kecamatan Jenawi ini menjadi destinasi wisata favorit bagi mereka yang gemar berpetualang. Udara yang sejuk ditambah latar belakang dua gunung menjadikan lokasi gua ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Akses jalan yang baik memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung, apalagi terdapat angkuatan umum yang melayani rute hingga masuk ke kawasan ini.

3 dari 5 halaman

Sekipan

Destinasi wisata alam ini sudah sangat familiar bagi para hammocker. Berlokasi di Sekarjinggo Desa Kalisoro, kawasan yang menjadi tempat perkemahan ini berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Selain menjadi tempat perkemahan, Sekipan juga digunakan sebagai tempat penelitian beragam jenis tanaman hutan.

4 dari 5 halaman

Telaga Madirdo

Foto: Pemkab Karanganyar

Telaga Madirdo merupakan danau eksotis yang airnya bersumber dari mata air lereng Gunung Lawu. Uniknya, telaga yang berlokasi di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, ini tak pernah kering meski daerah sekitar sedang dilanda musim kemarau, dan tak pernah banjir meski di musim penghujan. Lokasinya yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata lain membuat telaga ini kerap dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan.

5 dari 5 halaman

Gunung Lawu

(Istimewa)

Memiliki ketinggian sekitar 3.200 meter di atas permukaan laut, Gunung Lawu menjadi destinasi wisata wajib kunjung bagi mereka yang gemar mendaki. Keindahan kawah yang dilengkapi dengan padang rumput dan danau kecil menjadi pemandangan yang dapat menggantikan rasa lelah sehabis treking. Tak hanya itu, di gunung ini juga dapat ditemukan Sendang Drajad, yaitu sumber mata air yang tak pernah habis meski diambil terus-menerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini