Sukses

Atur Keuangan Anda Tiap Bulan dengan Menghindari Kesalahan Ini

Liputan6.com, Jakarta Kehabisan uang saat pertengahan bulan seolah jadi hal wajar bagi kebanyakan orang. Tak cuma bikin repot, hal ini juga membuat kita makin jauh dari kata sukses. Hal ini menjadi penanda utama bahwa pengaturan keuangan Anda masih kurang maksimal.

Coba ingat-ingat, ke mana larinya uang Anda kalau pertengahan bulan saja sudah kebingungan? Apa memang karena ada kebutuhan mendesak? Atau jangan-jangan karena sering belanja di mall? Agar tak mengulang kesalahan yang sama setiap bulan, DuitPintar.com telah merangkum beberapa hal yang mungkin jadi penyebab gaji dan keuangan Anda terus menguap.

Kalap belanja saat tanggal muda
Pundi-pundi baru saja terisi dengan gaji bulanan, tapi Anda langsung mampir ke mall dan belanja. Memang beli barang diskonan, tapi jumlahnya banyak. Alhasil baru pertengahan bulan, uang gaji pun tinggal setengah. Atau malah sudah benar-benar habis. Coba kurangi kebiasaan belanja yang berlebihan. Toh baju yang dibeli bulan lalu masih bisa dipakai agar uang Anda bisa disisihkan untuk tabungan.

Terlalu sering nongkrong di kafe
Memang sih kehidupan sosial itu penting. Tapi bukan berarti harus nongkrong sama teman-teman terus tiap malam. Namun, kalau tiap hari dompet Anda bisa tipis dalam sekejap. Coba alokasikan anggaran khusus untuk nongkrong di hari-hari tertentu. Maksimal seminggu dua kali, dan batasi juga pengeluarannya tiap sekali hangout.

Tak perlu latah ikut pesan ini-itu hanya karena lihat teman. Ingat, yang penting adalah kebersamaannya, bukan seberapa banyak makanan dan minuman yang Anda pesan.

Berlebihan memanjakan pasangan

Khusus untuk yang sudah punya pasangan, harus tahu kapan mau traktir si dia. Mentang-mentang habis gajian, bukan berarti langsung mentraktir di restoran mewah. Apa iya setiap malam harus pergi dinner di restoran Eropa yang harga makanannya lebih mahal daripada polis asuransi Anda?

Semua yang terkait konsumtif itu harus ada perhitungannya. Bukan berarti pelit atau tidak modal, tapi lebih kepada tahu batasan. Tak ada salahnya untuk cari tahu promo restoran di hari-hari tertentu. 

Kenali solusinya
Nah, setelah Anda tahu 3 kesalahan yang membuat keuangan Anda kebobolan di pertengahan bulan, saatnya mencari solusi.

1. Buat catatan pengeluaran

Buat daftar pengeluaran yang jadi prioritas selama satu bulan, agar semua pengeluaran terencana dengan baik. Dengan begitu, ketika Anda ingin belanja baju, celana, jam tangan, sepatu atau apa pun, tak akan mengganggu pengeluaran pokok secara rutin. Ada bagusnya kalau Anda atur anggaran belanja per bulan. 

2. Gunakan kartu kredit dengan tepat

Kenapa kartu kredit? Bisa tambah boros dong bulan depan? Tentu tidak. Kalau paham fitur dan manfaatnya, justru menguntungkan.
Makanya, sesuaikan kartu kredit dengan gaya hidup Anda. Ada kartu kredit yang bisa memberikan diskon sebesar 50 persen tiap tanggal 15 di sejumlah restoran dan kafe.
Fitur-fitur seperti inilah yang perlu Anda manfaatkan agar pengeluaran tiap bulan tak mengganggu arus kas Anda.

3. Belanja online saja

Kenapa belanja online? Pertama sudah pasti Anda tak perlu keluar uang bensin atau parkir seperti belanja ke mal. Kedua, kadang harga di situs e-commerce bisa jauh lebih murah. Dari situ Anda bisa komparasi harga juga. Terkahir, banyak kartu kredit yang menghadirkan promo atau potongan harga dengan merchant toko online tertentu. Manfaatkanlah dengan maksimal agar pengeluaran keuangan Anda lebih hemat.

Artikel Selanjutnya
Cuma Bayar Listrik Rp 10 ribu, Hidup di Desa Buat Iri Orang Kota
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 7 Tanda Hubungan Asmara Bertepuk Sebelah Tangan