Sukses

Patah Hati? Psikolog Sarankan Anda Lakukan 8 Hal Ini

Apakah Anda sedang patah hati? Psikolog menyarankan Anda untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Patah hati tidak memandang berapa lama hubungan Anda dan pasangan telah berlangsung. Hubungan jangka panjang atau pendek tidak dapat memastikan perpisahan dapat dilalui dengan mudah.

Apapun yang menyebabkan berakhirnya hubungan asmara Anda dengan pasangan, jika sampai saat ini Anda masih belum bisa "move on", Anda tidak sendiri. Dilansir dari mydomaine.com, Senin (20/2/2017), berikut ini adalah beberapa hal yang disarankan psikolog untuk Anda lakukan saat patah patah hati.

1. Biarkan diri Anda menangis
Biarkan diri sendiri untuk bisa "merasa." Di awal perpisahan, sangat normal untuk mengeluarkan semua bentuk emosi, sehingga tidak ada yang dipendam untuk hubungan di masa depan.

Di masa ini biasanya Anda masih tidak bisa melihat alasan terbaik dari perpisahan yang terjadi, jadi tidak masalah untuk membiarkan diri sendiri menangis, dan terhanyut dalam kesedihan. Ini normal, percayalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Berhenti menolak

Sadari apa yang terjadi dan berhentilah untuk menolak. Jika perpisahan yang terjadi sungguh-sungguh mengejutkan untuk Anda, hentikan pikiran bahwa pasangan akan kembali pada Anda.

Ingatkan lagi pada diri sendiri bahwa perpisahan pasti terjadi karena sebuah alasan. Selama masa ini, Anda pasti hanya akan mengingat momen menyenangkan yang pernah terjadi, namun jangan terhanyut. Ingat kembali mengapa Anda dan pasangan memutuskan untuk mengakhiri hubungan tersebut.

3 dari 8 halaman

3. Menerima perubahan

Sebahagia apapun Anda merasa di masa lalu, pikiran-pikiran tersebut tentu tidak sehat. Lakukan apapun yang bisa membuat Anda melihat masa depan dengan lebih baik.

4 dari 8 halaman

4. Kenali kerentanan diri sendiri

Setelah perpisahan, normal untuk mengalami hari yang baik, maupun buruk. Biarkan diri sendiri merasakan apapun, namun bukan alasan untuk mulai mengasihani diri sendiri.

Hal terpenting adalah sadari bahwa patah hati yang Anda rasakan saat ini sifatnya hanya sementara dan merupakan bagian dari proses penyembuhan.

5 dari 8 halaman

5. Mintalah bantuan

Anda tahu diri Anda kuat, namun bukan berarti Anda harus menghadapi badai sendirian. Mintalah bantuan dari orang-orang terdekat di waktu-waktu yang sulit.

6 dari 8 halaman

6. Fokus pada penyembuhan diri sendiri

Penyembuhan diri sendiri sangat penting dan merupakan kunci. Istirahat, olahraga, makan makanan enak, dan lakukan apapun yang diinginkan.

Semakin baik segala hal yang Anda kerjakan, akan semakin baik juga perasaan Anda.

7 dari 8 halaman

7. Melihat kembali

Ini adalah masa-masa paling kritis dari proses move on. Lihat kembali apa yang bisa Anda pelajari dari hubungan di masa lalu.

Tidak hanya mempelajari, namun Anda juga diminta untuk bisa memaafkan untuk membuka kesempatan bagi cinta yang baru.

8 dari 8 halaman

8. Percaya pada harapan

Harapan, optimistis, dan kepercayaan akan masa depan juga sangat baik. Berterimakasihlah pada pengalaman hidup Anda di masa lalu dan berharapah yang banyak untuk masa depan.

Percayalah bahwa ada sesuatu yang lebih baik akan hadir di masa depan. Sesuatu ini hanya perlu Anda menerimanya dengan tangan terbuka setelah mengalami patah hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.