Sukses

Selalu Merasa Lelah? Ini Fakta dan Cara Mengatasinya

Apa sampai saat ini Anda masih sering merasa lelah berkepanjangan? Simak alasannya dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Rasa lelah yang terus menerus Anda alami mungkin bukan lagi hal asing bagi masyarakat modern saat ini. Di pagi hari, Anda terus menunda alarm, datang siang ke kantor, terus menerus makan dan minum manis untuk mengusir rasa kantuk dan lelah. Apakah hal ini terdengar familiar untuk Anda?

Dilansir dari mydomaine.com, Kamis (23/2/2017), rasa lelah tersebut bisa saja diakibatkan oleh rasa stres berat yang menganggu kelenjar adrenal Anda. Manusia modern sering dihantui ketakutan dan stres karena pekerjaan yang rasanya tidak pernah ada batasnya dan ini dikenal sebagai "Western Cluster" dalam dunia medis.

Dan sadarkah Anda bahwa setiap kali Anda mengalami stres, tubuh akan langsung menghemat energinya sendiri? Fenomena ini banyak terjadi di kalangan wanita.

Lantas, bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi rasa lelah yang terus menerus ini? Terlebih dahulu Anda harus mengenali tanda-tandanya berikut ini.

1. Rasa lelah yang konstan atau terus menerus.
2. Cemas, mudah tersinggung, dan depresi.
3. Susah fokus atau mengingat sesuatu.
4. Ketergantungan terhadap sebuah stimulan, seperti kopi.
5. Memiliki masalah pencernaan.
6. Susah tidur.
7. Gairah seks yang rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu Merasa Lelah? Ini Fakta dan Cara Mengatasinya

Jika Anda menemui beberapa tanda di atas, atau bahkan semuanya, maka hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya adalah mengatur ulang jadwal tidur. Para peneliti percaya bahwa seseorang setidaknya tidur selama 7 jam dalam sehari untuk mengembalikan energi tubuhnya.

Jika Anda terbiasa bangun tengah malam, sangat disarankan untuk mengosongkan pikiran terlebih dahulu, sebelum kembali menyentuh tempat tidur. Ambillah waktu selama 45 menit untuk duduk di sebuah ruangan dalam rumah, kecuali tempat tidur, tuangkan pikiran ke sebuah catatan dan Anda akan merasa lebih baik, percayalah.

Selain tidur, Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan dan diet. Mulai sekarang perhatikan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

Bila Anda mulai merasa stres, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

1. Duduk atau berdiri dengan nyaman, rasakan kaki yang menginjak lantai, dan pejamkan mata Anda.
2. Ambil napas secara normal melalui hidung dan buang melalui mulut.
3. Selanjutnya, ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan hitung satu sampai empat, dan ucapkan dalam hati "aku."
4. Buang udara tersebut melalui mulut, hitung satu sampai enam, dan ucapkan dalam hati "damai."
5. Ulangi beberapa cara di atas sampai delapan kali, kemudian buka mata Anda. Ambil beberapa saat untuk menyadari keberadaan diri sendiri di waktu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini