Sukses

Belajar 3 Jam Sehari, Pria 70 Tahun Raih 15 Gelar Sarjana

Tidak banyak orang yang tahan menyelesaikan program sarjana. Namun berbeda dengan Luciano Baietti yang pegang rekor dengan 15 gelar sarjana.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka belajar selama 3 jam setiap harinya secara konsisten, dapat membawa pria berumur 70 tahun ini memperoleh 15 gelar sarjana? Inilah pemegang rekor dunia gelar sarjana terbanyak, yang dirilis oleh odditycentral.com, Senin (20/2/2017).

Luciano Baietti, mantan kepala sekolah dari Velletri, Italia, memegang rekor dunia dengan gelar sarjana terbanyak di dunia. Ia memegang gelar sarjana dan master dari berbagai universitas terkenal di Italia dan bersiap mengambil gelar ke 16.

Meski setiap hari bekerja disekitar rumah dan kebunnya seperti pria seusianya, Luciano tidak berhenti untuk belajar. Setiap jam 3 pagi, ia selalu bangun untuk belajar di lampu yang temaram.

Luciano percaya belajar akan membuat pikirannya selalu aktif dan seluruh gelar yang telah ia daptakan, telah membantu memperluas pengetahuan di dunia sekelilingnya. Bahkan setelah mencapai rekor pertamanya tahun 2002, ia masih ingin belajar hingga hari ini.

Seorang pria berusia 70 tahun mampu mendapatkan 15 gelar sarjana hingga tercatat di rekor dunia. (foto : odditycentral,com)

Setelah menamatkan sarjana di keolahragaan, sosiologi, sastra, hukum, filosofi ilmu politik, dan teknik mesin, ia masih menghabiskan 15 tahun untuk mencapai total 15 gelar sarjana. Seluruh gelar ini didapatkan dari beberapa perguruan tinggi ternama di seluruh dunia, seperti salah satu universitas tertua di dunia, La Sapienze University di Roma.

Tak hanya itu, ia juga menjalani kelas jauh dari Turin, dan sebuah universitas lainnya di Naples dengan cara online. Luciano juga memegang gelar di kriminologi dan strategi militer.

“Saya mengambil berbagai tantangan baru ini, untuk melihat sejauh apa tubuh dan pemikiran saya dapat bertahan,” ujar Luciano.

Rahasia yang selalu dilakukan oleh Luciano adalah selalu bangun jam 3 pagi, dan konsisten belajar selama tiga jam. Dengan cara ini kehidupan kesehariannya tidak akan terganggu sama sekali selama masa perkuliahan. Bahkan Luciano berkata masih sanggup belajar lagi mendapatkan gelar sarjana di ilmu pangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini