Sukses

Waspada 3 Risiko Kesehatan Saat Makan Ala Buffet

Ternyata, penyajian makanan secara buffet tidak lepas dari risiko kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja.

Liputan6.com, Jakarta Doyan makan buffet ketika akhir pekan? Jangan lupa memperhatikan beberapa hal yang sering luput dari perhatian Anda. Karena secara tidak sadar, ada 3 risiko kesehatan saat makan buffet, seperti yang dirilis dari mashed.com, Rabu (22/2/2016).

Buffet sendiri merupakan cara penyajian makanan yang menggunakan sistem terbuka. Berasal dari Swedia, hidangan buffet membebaskan setiap orang untuk mengambil makanan sesuai porsinya. Namun Anda perlu memperhatikan dahulu berbagai risiko yang bisa muncul ketika menikmati makanan buffet, yaitu:

Kontaminasi makanan
Kontaminasi makanan sering hadir di jenis hidangan seafood, karena disajikan secara mentah. Ketika penanganan hidangan seafood tidak begitu baik, ada kecenderungan terjadinya kontaminasi makanan yang bisa menimbulkan keracunan.

Alat makan yang tidak higienis
Seringkali orang tidak menyadari bahwa tidak ada peraturan yang mewajibkan alat makan selalu dibersihkan secara rutin. Ini berarti ada kecenderungan besar mendapat alat makan yang tidak higienis saat makan buffet bersama.

Terkena penyakit dari orang lain
Makanan yang disajikan secara terbuka tidak tertutup kemungkinan terkena penyakit dari orang lain, mulai dari batuk atau bersin yang tidak sengaja mengenai makanan. Meskipun sudah dihindari dengan protektor yang ada di rak makanan, tetap saja risiko ini bisa terjadi saat makan buffet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini