Sukses

Mangut Lele, Kenikmatan Asli Yogyakarta Berbalut Kesederhanaan

Penasaran dengan menu lele legendaris di Yogyakarta yang satu ini? Simak ulasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Kali ini, Good Indonesian Food ingin mencicipi makanan khas Jawa yang sangat menggiurkan di Yogyakarta, di tempat yang bernama Mangut Lele Mbah Marto.

Kendala yang dihadapi adalah kita akan sedikit sulit menemukan lokasi Mangut Lele Mbah Marto yang legendaris. Tempat makan ini sebenarnya merupakan tempat tinggal Mbah Marto yang terletak di kampung Bantul. Pak Pariman, anak keempat Mbah Marto mengatakan, Mbah Marto yang berusia 92 tahun masih ikut mempersiapkan bahan masakan. Ia kerap ikut mengupas sekeranjang bawang merah.

Di kedai ini tersaji menu mangut lele dan opor ayam kampung. Mereka juga menghidangkan sajian ikonis Yogyakarta, yaitu gudeg. Rasa pedas yang menyengat begitu terasa di lidah dari menu lele mangut. Kesatuan rasa yang betul-betul menggugah selera untuk penggemar makanan pedas.

Opor ayam kampungnya terasa sama lezatnya. Dagingnya sedikit keras karena mereka menggunakan ayam kampung, tetapi santan, bawang, cabai, dan lengkuas memberikan rasa yang cukup nikmat untuk menyeimbangkannya.

Pak Pariman telah membantu ibunya sejak kecil. Kadang-kadang, dia merasa bahagia ketika melihat artis makan di tempatnya.

“Melihat mereka memilih makan di sini daripada di restoran layak lainnya, terasa menakjubkan,” ujarnya. Jika Anda tertarik untuk mencicipi hidangan khas Jawa, hidangan itu haruslah Mangut Lele Mbah Marto.

Temui tempat makan legendaris lainnya di Good Indonesian Food (GIF).

Dusun Nengahan, Padukuhan Ngiring-iring
Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Telp: 0821 3737 3477
Buka setiap hari, pukul 09.30–16.00 WIB
Rp20.000/US$1,50 per orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.